Pengertian Toleransi, Manfaat, dan Bentuknya
Bentuk Sikap Toleransi

Pengertian Toleransi, Manfaat, dan Bentuknya

Diposting pada

Pengertian Toleransi, Manfaat, dan Bentuknya – Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian toleransi, manfaat toleransi dan bentuk bentuk toleransi. Selain itu saya tidak lupa juga membagikan beberapa contoh toleransi dalam masyarakat. Pengertian tersebut dapat berupa pengertian dari toleransi antar budaya, antar agama, secara terminologi, menurut para ahli, secara etimologi dan sebagainya. Dalam masyarakat memang sering terdengar istilah tentang toleransi. Istilah ini merupakan sikap menghargai atas keputusan orang lain dalam bentuk tertentu.

Pengertian Toleransi, Manfaat, dan Bentuknya
Bentuk Sikap Toleransi

Pengertian toleransi secara umum ialah sikap menghargai keyakinan dan prinsip setiap kelompok atau individu dalam bermasyarakat dan bernegara. Hari toleransi Internasional diperingati pada tanggal 16 November. Peringatan ini berasal dari peringatan Declaration of Principles on Tolerance oleh UNESCO pada tanggal 16 Noveber 1995. Sikap toleransi diterapkan kepada sesama manusia dengan berdasar pada sikap lapang dada yang dimiliki oleh masing masing orang tersebut. Lalu apa manfaat toleransi? Apa saja bentuk bentuk toleransi? Bagaimana contoh toleransi dalam masyarakat? Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Toleransi, Manfaat, dan Bentuknya

Pemberlakuan sikap toleransi dalam masyarakat tersebut didasarkan pada perbedaan keyakinan dan prinsip yang dimiliki oleh setiap orang. Dalam prinsip toleransi, kita dilarang untuk melakukan diskriminasi kelompok tertentu karena memiliki perbedaan dalam masyarakat mayoritas pada umumnya. Sikap ini merujuk pada berbagai hal yang masuk dalam segi budaya, agama dan sosial. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian toleransi, manfaat toleransi, bentuk bentuk toleransi dan contoh contoh toleransi. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Contoh Pelanggaran Pancasila (Sila 1 Sampai 5)

Pengertian Toleransi Antar Sosial

Pengertian toleransi sosial ialah sikap yang mengajarkan untuk saling menghargai setiap kelompok atau individu, baik dalam lingkup mayoritas ataupun minoritas. Misalnya dalam lingkup sekolah terdapat sebuah kelompok yang populer. Kelompok ini seakan akan membully dan mengasingkan teman teman lain dalam sekolah tersebut karena tidak sesuai dengan kelompok mereka. Untuk itu perilaku diskriminasi kelompok kecil yang dikuasai kelompok besar tersebut dapat dihilangkan dengan menggunakan sikap toleransi sosial.

Pengertian Toleransi Antar Budaya

Pengertian toleransi budaya ialah sikap yang mengajarkan untuk saling menghargai budaya setiap kelompok atau individu tertentu dalam sebuah daerah. Indonesia terdiri dari 35 provinsi dengan beragam jenis budaya dan sukunya dari sabang sampai merauke. Negara ini terkenal sebagai negara kepulauan sehingga didalamnya terdapat berbagai budaya yang berbeda beda. Sikap toleransi antar budaya tersebut memberikan gambaran harmonisasi setiap daerah di Indonesia tanpa membeda bedakan golongan kelompok dan kebudayaan daerahnya masing masing.

Pengertian Toleransi Antar Agama

Pengertian toleransi agama ialah sikap yang mengajarkan untuk saling menghormati dan menghargai keyakinan setiap penganut agama masing masing tanpa ada paksaan apapun. Selain itu toleransi ini juga mengajarkan kita untuk tidak mencela dan menjelek jelekan umat beragama lainnya. Negara Indonesia mempunyai beberapa jenis agama seperti agama Islam, Katolik, Kristen, Buddha, Protestan, Khonghucu dan Hindu. Maka dari itu, terciptalah sebuah keyakinan dari setiap penganut agam agama tersebut. Untuk itu pastinya terdapat beberapa diskusi atau perdebatan yang berbeda beda. Nah disinilah peran sikap toleransi digunakan agar setiap penganut agama dan keyakinan sesama manusia tersebut dapat dihargai satu sama lain.

Pengertian Toleransi Secara Etimologi

Kata toleransi menurut etimologi yaitu “Tolerance” dalam bahasa Inggris dan “Tolerare” dalam bahasa Latin yang maknanya ialah sikap menghormati, membiarkan dan mengakui keyakinan dari orang lain tanpa membutuhkan persetujuan. Toleransi dalam bahasa Arab dapat diartikan sebagai “Tasamuh” yang artinya saling memudahkan, saling mengizinkan. Jadi pengertian toleransi secara etimologi yaitu sikap saling menghormati dan menghargai semua manusia dengan lapang dada atas keyakinan dan prinsip mereka masing masing.

Pengertian Toleransi Secara Terminologi

Pengertian toleransi secara terminologi tersebut berasal dari pendapat beberapa ahli, seperti menurut Dewan Ensiklopedia Indonesia dan W.J.S Purwadarminta. Berikut penjelasann selengkapnya:

Baca juga : Identitas Nasional (Pengertian dan Unsur Unsurnya)

W.J.S Purwadarminta

Pengertian toleransi menurut W.J.S Purwadarminta yaitu sifat dan sikap tenggang rasa dalam bentuk menghargai serta diperbolehkan untuk berpendapat, memiliki kepercayaan, pendirian, pandangan ataupun hal hal lain yang memiliki perbedaan dengan prinsip dirinya sendiri.

Dewan Ensiklopedia Indonesia

Pengertian toleransi menurut dewan ensiklopedia Indonesia ialah aspek politik, sosial yang berupa sikap untuk membebaskan orang yang kepercayaannya berbeda dengan dirinya sendiri. Sikap ini juga dapat diwujudkan dalam bentuk pernyataan sehingga menimbulkan sikap menghargai dan mengakui adanya Hak Asasi Manusia (HAM).

Berdasarkan pengertian pengertian toleransi diatas, dapat disimpulkan bahwa toleransi dapat diartikan sebagai sifat dan sikap dalam memberikan kebebasan sesama manusia untuk memiliki prinsip atau keyakinannya sendiri, baik antar kelompok ataupun individu dalam bermasyarakat.

Manfaat Toleransi

Selain pengertian toleransi, adapula manfaat dari toleransi itu sendiri. Berikut manfaat manfaat toleransi yaitu meliputi:

  • Menciptakan masyarakat yang harmonis.
  • Meningkatkan rasa kekeluargaan agar lebih erat.
  • Menciptakan sikap tenggang rasa antar sesama manusia.
  • Menimbulkan rasa aman, damai dan tenang.
  • Meningkatkan kerukunan antar budaya, suku dan agama.

Bentuk Bentuk Toleransi

Selain pengertian toleransi dan manfaat toleransi, adapula beberapa bentuk dari toleransi. Adapun bentuk bentuk toleransi yaitu sebagai berikut:

  • Toleransi yang merujuk pada perbedaan agama.
  • Toleransi yang merujuk pada perbedaan bangsa.
  • Toleransi yang merujuk pada perbedaan status.

Baca juga : Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Terlengkap

  • Toleransi yang merujuk pada perbedaan suku/daerah/ras.
  • Toleransi yang merujuk pada perbedaan pilihan/kepercayaan/pendapat.

Selain bentuk bentuk toleransi, adapula contoh contoh toleransi itu sendiri. Adapun beberapa contoh sikap toleransi dalam bermasyarakat yaitu sebagai berikut:

  • Sikap menghargai agama lain, meskipun berbeda dengan kita.
  • Menghargai pendapat dari orang lain.
  • Membebaskan orang lain untuk memilih kepercayaannya sendiri.
  • Tidak melakukan diskriminasi atau paksaan terhadap orang lain meski berbeda pemikiran dan pendapat.
  • Tidak melakukan bullying terhadap orang lain, meskipun orang tersebut salah dalam melakukan sesuatu.

Sekian penjelasan mengenai pengertian toleransi, manfaat toleransi dan bentuk bentuk toleransi. Selain itu saya tidak lupa juga membagikan beberapa contoh toleransi dalam masyarakat. Toleransi dapat diartikan sebagai sifat dan sikap dalam memberikan kebebasan sesama manusia untuk memiliki prinsip atau keyakinannya sendiri, baik antar kelompok ataupun individu dalam bermasyarakat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Incoming search terms:

  • bentuk bentuk toleransi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *