Penjelasan Cara Menentukan Tema dan Pesan Syair
Mencari Tema dan Pesan pada Syair

Penjelasan Cara Menentukan Tema dan Pesan Syair

Diposting pada

Penjelasan Cara Menentukan Tema dan Pesan Syair – Pengertian syair adalah jenis karya sastra yang terdiri dari sajak atau rima, bait, baris, isi, dan pilihan kata seperti halnya dalam puisi lama. Untuk itu syair dapat disamakan dengan puisi. Bahkan cara menentukan tema dan pesan syair hampir serupa dengan puisi. Lantas bagaimana cara menentukan tema syair itu? Bagaimana cara menentukan pesan syair? Kata syair dalam bahasa Arab ialah Sya’uru yang artinya tembang dan Sya’ara yang artinya menembang. Di dalam syair sendiri memiliki beberapa ciri ciri yang digunakan untuk membedakannya dengan jenis karya sastra lainnya.

Penjelasan Cara Menentukan Tema dan Pesan Syair
Mencari Tema dan Pesan pada Syair

Di Indonesia biasanya banyak sekali orang yang membaca syair sebagai sebuah kesenian Tradisional. Perkembangan syair terjadi di Wilayah Sumatra di awal abad ke 18 – 19. Kegunaan kesenian syair ialah untuk alat komunikasi sebagai hiburan dan pemberi nasihat. Bagaimana cara menentukan tema syair itu? Bagaimana cara menentukan pesan syair? Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menentukan tema dan pesan syair. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Penjelasan Cara Menentukan Tema dan Pesan Syair

Sebelum menjelaskan tentang cara menentukan tema dan pesan syair, saya akan membahas tentang syair secara singkat terlebih dahulu. Syair secara sederhana dapat diartikan sebagai alat ekspresi perasaan dan pikiran pengarangnya. Bahkan syair juga dapat diartikan sebagai puisi lama yang mengandung bait bait, dimana setiap bait memiliki empat baris dan akhiran bunyi yang sama. Maka dari itu kita harus memahami isinya terlebih dahulu sebelum menentukan tema syair dan menentukan pesan syair. Syair digunakan untuk menggambarkan sesuatu hal dengan luas seperti nasihat, agama, cinta, cerita dan lain lain. Pada dasarnya pembuatan contoh syair harus mengandung ciri ciri syair yang terdapat didalamnya.

Baca juga : Contoh Teks Laporan Percobaan Beserta Kaidah Kebahasaannya

Berdasarkan struktur fisik syair terdapat penjelasan bahwa hubungan syair dengan jumlah baris yang terdapat di tiap tiap bait sangatlah erat, bahkan ada kaitannya pula dengan jumlah suku kata di setiap baris, aturan ritma dan rimanya, serta jumlah bait dalam setiap puisi. Sebelum anda mempelajari tentang cara menentukan tema dan pesan syair. Maka akan lebih baik jika anda memahami ciri ciri syair seperti di bawah ini yaitu:

  • Syair tersusun dari bait bait, dimana setiap bait terdiri dari 4 baris.
  • Syair memiliki bagian bagian yang merupakan isi.
  • Setiap baris syair memiliki susunan kata sebanyak 8 – 12 suku kata.
  • Sajak syair memiliki pola a – a – a – a.
  • Hubungan antar setiap bait sangat erat dan logis.
  • Isi syair menggambarkan lukisan mistik, pengajaran, peristiwa, nasihat dan lain lain.

Ciri ciri syair di atas perlu anda pahami sebelum mengetahui cara menentukan tema dan pesan syair. Cara menentukan tema syair dan cara menentukan pesan syair tentunya tidak terlepas dari struktur atau unsur unsur dalam syair itu sendiri. Dalam sebuah syair pada hakikatnya terdapat unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur instrinsik syair tersebut berupa hakikat dan bentuk syair. Hakikat syair adalah karya sastra yang ditulis penyair dalam bentuk syair untuk menyampaikan segala hal. Hakikat syair tersebut dapat disebut pula dengan isi syair yang terdiri dari:

  1. Tema ialah gagasan utama syair yang ingin dijelaskan oleh penyair. Tema syair pada dasarnya dapat ditentukan dengan mudah karena letaknya tersurat di dalam syairnya.
  2. Perasaan ialah hakikat syair yang terdiri dari sikap, pandangan, perbuatan khusus dan watak yang dimiliki oleh penyairnya.
  3. Nada ialah gambaran dari sikap penyair terhadap pembacanya seperti nada menggurui, protes, sinis, menghimbau, menyuruh dan sebagainya.
  4. Pesan ialah kesan yang disampaikan penyair kepada pembacanya. Cara menentukan pesan syair tersebut sebenarnya tergantung pandangan dari masing masing pembaca. Karena setiap pembaca karya sastra memiliki cara pandang yang berbeda beda. Maka dari itulah tema dan pesan syair memiliki kaitan yang cukup erat.

Baca juga : 18 Contoh Karangan Liburan Sekolah di Rumah Lengkap

Menentukan Tema dan Pesan Syair

Pada dasarnya terdapat beberapa langkah dalam menentukan tema syair dan menentukan pesan syair. Adapun langkah langkahnya yaitu dengan membaca/mendengarkan bagian bagian syair secara menyeluruh. Setelah itu memahami isi dari syair tersebut. Kemudian barulah menentukan tema dan pesan syairnya. Agar anda lebih memahami mengenai cara mencari tema dan pesan sayair, maka saya akan membagikan contoh syair seperti di bawah ini:

Wahai manusia

Tidakkah kau sadar akan hidupku yang selamat

Keselamatan bumi yang kau pijak

Pepohonan banyak kau tebang

Udara banyak sekali kau cemarkan

Demi kebahagiaan dirimu sesaat

Semua telah kau rusak

Semuanya telah kau bakar

Untuk apa aku pertahankan lagi

Pertahakan bumi ini

Jika engkau tidak menjagaku dari kerusakan ini

Untuk apa lagi aku berdiri

Jika semua upaya menjaga bumi ini

Baca juga : 20+ Contoh Kalimat Tanggapan Dalam Diskusi yang Baik dan Benar

Tidak kau hargai

Apalah dayaku untuk ini

Jika hanya aku yang bertindak lagi

Setelah membaca contoh syair di atas, selanjutnya kita dapat menentukan tema dan pesan syair. Cara menentukan tema syair dan cara menentukan pesan syair tersebut dapat dilakukan dengan memahami isi dari syair di atas. Tema dari syair di atas ialah kerusakan bumi. Pesan syair di atas ialah kita harus ikut berperan serta dalam menjaga bumi ini agar tidak rusak.

Demikianlah cara menentukan tema dan pesan syair yang dapat saya jelaskan. Pengertian syair secara umum ialah jenis karya sastra yang terdiri dari sajak atau rima, bait, baris, isi, dan pilihan kata seperti halnya dalam puisi lama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di materisiana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *