Penjelasan Fungsi Hukum Pidana Terlengkap
Penerapan Hukum Pidana

Penjelasan Fungsi Hukum Pidana Terlengkap

Diposting pada

Penjelasan Fungsi Hukum Pidana Terlengkap – Pengadaan hukum pidana sesuai dengan pernyataan Tirtaamidjaya yaitu sebagai pelindung masyarakat. Fungsi hukum pidana secara umum ialah untuk mengatur kehidupan masyarakat sehingga dapat memelihara dan menciptakan ketertiban umum. Kepentingan dan kebutuhan setiap manusia pada umumnya memang berbeda beda, bahkan usaha pemenuhan kebutuhan antara manusia satu dengan yang lainnya terkadang membuat perselisihan atau pertentangan. Usaha memenuhi kebutuan tersebut disertai dengan aturan aturan hukum sebagai pembatas perbuatan manusia sehingga tidak mengganggu dan merugikan kepentingan orang lain serta tidak melakukan perbuatan sesuai dengan kehendak hatinya.

Penjelasan Fungsi Hukum Pidana Terlengkap
Penerapan Hukum Pidana

Lantas apa sebenarnya tujuan hukum pidana itu? Apa definisi dari hukum pidana itu? Pengertian hukum pidana adalah peraturan peraturan secara keseluruhan yang digunakan untuk menentukan perbuatan yang termasuk dalam tindak pidana dan perbuatan yang dilarang, serta untuk memutuskan hukuman yang akan dijatuhkan kepada pelakunya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang fungsi hukum pidana terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Penjelasan Fungsi Hukum Pidana Terlengkap

Secara umum, hukum pidana berfungsi untuk mengadakan tata kehidupan masyarakat dan mengatur kehidupan dalam masyarakat itu sendiri. Fungsi dari hukum pidana tersebut tidak hanya secara umum tetapi dapat menurut pendapat dari para ahli. Adapun fungsi dalam hukum pidana atau tujuan hukum pidana menurut Sudarto yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Pengertian Ideologi Beserta Fungsi dan Jenis Jenisnya

Fungsi Umum Hukum Pidana

Fungsi hukum pidana secara umum menurut Sudarto ialah untuk melakukan tata kemasyarakatan dan mengontrol hidup kemasyarakatan. Fungsi umum hukum pidana tersebut sama seperti fungsi hukum pada umumnya. Hal ini dikarenakan hukum pidana termasuk dalam bagian dari hukum itu sendiri.

Fungsi Khusus Hukum Pidana

Fungsi hukum pidana secara khusus menurut Sudarto ialah untuk menjaga kepentingan hukum dari perbuatan yang hendak merusaknya. Caranya dengan memberikan sanksi pidana yang lebih tajam daripada sanksi hukum dalam cabang lainnya. Sanksi pidana ini mengandung sesuatu yang menyedihkan (tragic) sehingga dapat dinyatakan sebagai hukum yang menyerupai pedang bermata dua dan diibaratkan dapat mengiris dagingnya sendiri. Maka dari itu hukum pidana dapat diartikan sebagai hukum yang digunakan untuk menjaga kepentingan umum seperti kehormatan, nyawa, harta benda, dan kemerdekaan. Tetapi jika perintah dan larangan dalam hukum pidana dilanggar maka akan melukai kepentingan hukum dari pelakunya tersebut. Dengan begitu hukum pidana dapat berfungsi sebagai aturan untuk membereskan tindakan tindakan jahat yang ada.

Selain itu hukum pidana juga berfungsi sebagai subsidair yakni pengadaan dan penggunaan hukum pidana jika usaha usaha yang dilakukan kurang memadai. Kemudian adapula fungsi hukum pidana menurut Adami Chazawi yaitu sebagai berikut:

Baca juga : 6 Struktur Organisasi PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) dan Tugasnya

  • Menjaga kepentingan hukum dari serangan tindakan tindakan yang merusak kepentingan tersebut. Kepentingan hukum yang harus dilindungi ini terdiri dari kepentingan hukum perorangan, kepentingan hukum masyarakat dan kepentingan hukum negara.
  • Memberikan pedoman legitimasi untuk negara sehingga fungsi perlindungan berbagai kepentingan hukum di negara tersebut dapat dilaksanakan.
  • Membatasi dan mengatur kekuasaan negara sehingga fungsi perlindungan berbagai kepentingan hukum di negara tersebut dapat dilaksanakan.

Fungsi hukum pidana menurut Jan Remmelink ialah untuk melindungi masyarakat hukum dan menegakkan ketertiban hukum. Dalam masyarakat terdapat sikap ketergantungan dalam diri setiap orang. Bahkan perlindungan dan ketentuan relasi dan kepentingan mereka didasarkan pada norma norma. Jika norma norma tersebut tidak dipatuhi maka pelanggarnya akan memperoleh sanksi sesuai perbuatannya. Sanksi yang diberikan dapat berupa informal seperti kehilangan penghargaan sosial, kehilangan status dan diperlakukan acuh tak acuh. Namun jika sanksi yang diberikan bersifat hukum, maka sanksinya akan dikenakan, dihaluskan atau diperkuat kepada pelanggar norma sesuai dengan ketentuan hukum yang ada. Pada kenyataannya hukum pidana digunakan sebagai fungsi sosial atau fungsi pelayanan.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi hukum pidana terlengkap. Hukum pidana ialah peraturan peraturan secara keseluruhan yang digunakan untuk menentukan perbuatan yang termasuk dalam tindak pidana dan perbuatan yang dilarang, serta untuk memutuskan hukuman yang akan dijatuhkan kepada pelakunya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca materi hukum pidana di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *