Penjelasan Peran Indonesia Dalam ASEAN Singkat Terlengkap
Peran Indonesia Dalam ASEAN

Penjelasan Peran Indonesia Dalam ASEAN Singkat Terlengkap

Diposting pada

Penjelasan Peran Indonesia Dalam ASEAN Singkat Terlengkap – Indonesia merupakan satu dari 10 negara yang tergabung dalam ASEAN (Association of South East Asian Nation). Maka dari itu terdapat beberapa peran Indonesia dalam ASEAN yang sangat penting bagi negara negara lain yang tergabung didalamnya. ASEAN dapat disebut juga dengan Perserikatan Bangsa Bangsa Asia Tenggara atau PERBARA. ASEAN ialah organisasi yang dibentuk oleh pengaruh letak geografis di kawasan Asia Tenggara sehingga membentuk organisasi regional antar bangsa. Pembentukan ASEAN terjadi pada tanggal 8 Agustus 1967 melalui perjanjian Bangkok atas dasar bentuk kerjasama dan program seluruh negara di Asia Tenggara.

Penjelasan Peran Indonesia Dalam ASEAN Singkat Terlengkap
Peran Indonesia Dalam ASEAN

Pembentukan ASEAN ini pada dasarnya akan memberikan dampak positif bagi setiap negara yang tergabung didalamnya. ASEAN sendiri didirikan oleh bangsa Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina. Setiap negara memiliki peran yang berbeda beda dalam ASEAN. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang peran Indonesia dalam ASEAN secara singkat dan terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Penjelasan Peran Indonesia Dalam ASEAN Singkat Terlengkap

Sebelum membahas tentang peran Indonesia dalam ASEAN, saya akan menjelaskan tentang tujuan pembentukan ASEAN terlebih dahulu. ASEAN dibentuk dengan tujuan seperti di bawah ini yaitu:

  • Mengembangkan budaya di negara negara anggotanya, meningkatkan kemajuan sosial dan pertumbuhan dalam bidang ekonomi.
  • Memajukan stabilitas dan perdamaian dalam tingkat regional (wilayah).
  • Meningkatkan perdamaian diantara anggota ASEAN dengan memberikan kesempatan dalam membahas tentang perbedaan didalamnya.

Baca juga : Pengertian Mobilitas Sosial Beserta Bentuk Bentuknya

Anggota anggota ASEAN sekarang ini terus bertambah. Begitu pula dengan peran Indonesia dalam ASEAN beserta peran negara negara lainnya. Perluasan ASEAN tersebut telah meluas dberbagai kawasan sekitarnya seperti Timor Leste, Bangladesh, Palau, Taiwan (Republik Cina), dan Papua Nugini. Bahkan ASEAN tersebut telah dijadikan bangsa Indonesia sebagai soko guru dalam politik luar negeri. Dimana wilayah Asia Tenggara menjadi lebih aman, stabil, kondusif, damai dan hubungan antar negara tersebut lebih harmonis. Hal inilah yang menjadi modal dasar paling penting dalam pembangunan di Indonesia.

Semua upaya yang dilakukan tidak akan pernah terwujud jika kerjasama antar negara ASEAN tidak ditingkatkan. Dalam hal ini semua negara yang tergabung dengan ASEAN harus ikut andil dalam kegiatan dan program yang diadakan oleh organisasi tersebut. Dengan begitu semua pihak berperan penting dalam pertumbuhan ASEAN. Terlebih lagi peran Indonesia dalam ASEAN yang sangat penting sebagai penentu perkembangan ASEAN tersebut. Adapun beberapa peran Indonesia dalam organisasi ASEAN yaitu sebagai berikut:

Sebagai Salah Satu Pendiri ASEAN

Peran Indonesia dalam ASEAN yang pertama ialah sebagai salah satu pendiri dalam pembentukan organisasi ini. Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa Indonesia merupakan satu dari lima negara yang mendirikan ASEAN melalui “Deklarasi Bangkok”. Deklarasi atau perjanjian di Bangkok tersebut telah ditandatangi oleh lima negara yang diwakili oleh masing masing menteri luar negerinya seperti:

  • Adam Malik (Indonesia)
  • Tun Abdul Razak (Malaysia)
  • Narsisco Ramos (Filipina)
  • Thanat Koman (Thailand)
  • Rajaratnam (Singapura)

Dari sinilah peran Indonesia dalam ASEAN dimulai. Kemudian berdirinya ASEAN didasarkan pada isi Deklarasi Bangkok yaitu meliputi:

  • Mengembangkan kebudayaan negara negara di Asia Tenggara, mempercepat kemajuan sosial dan pertumbuhan dalam bidang ekonomi.
  • Meningkatkan stabilitas dan perdamaian dalam lingkup wilayah regional.
  • Meningkatkan sikap saling membantu dan kerjasama untuk kepentingan administrasi, bidang ekonomi, teknik, sosial dan ilmu pengetahuan bersama.

Baca juga : Hasil Sidang PPKI 1, 2, 3 Pada Tanggal 18, 19, 22 Agustus 1945

  • Melindungi dan mempertahankan kerjasama yang erat di tengah tengah berdirinya organisasi Internasional dan regional lain.
  • Meningkatkan kerjasama di kawasan Asia Tenggara agar penelitian, pendidikan dan latihan lebih maju lagi.

Negara negara di luar ASEAN tersebut telah menganggap bangsa Indonesia sebagai tulang punggung bagi organisasi ASEAN. Tidak heran jika peran Indonesia dalam ASEAN sangat penting. Peran Indonesia tersebut telah diwujudkan dalam bentuk stabilitas regional di wilayah Asia Tenggara.

Salah Satu Pemimpin ASEAN

Peran Indonesia dalam ASEAN selanjutnya ialah sebagai salah satu pemimpin organisasi tersebut. Indonesia pernah menjadi pemimpin ASEAN pada tahuan 2004 di zaman Orde Baru yaitu lebih tepatnya pada masa kepemimpinan Presiden Suharto. Pada masa itu semua negara negara di Asia Tenggara dapat menjalin hubungan kerjasama yang baik melalui gaya kepemimpinan Presiden Suharto.

Kemudian peran Indonesia dalam ASEAN tidak hanya itu saja. Pada pertemuan ASEAN yang ke 5 di Singapura, bangsa Indonesia dapat mengenalkan doktrin ketahanan Nasional melalui Adam Malik selaku menteri luar negerinya. Doktrin ini berguna untuk mempertegas tujuan dari ASEAN itu sendiri. Bahkan pada saat itu seluruh anggota ASEAN juga diajak oleh bangsa Indonesia untuk melakukan evaluasi terkait kesepakatan ekonomi yang terjadi sebelumnya. Hal ini dikarenakan kesepakatan tersebut berhubungan dengan kerjasama berbagai bidang sektoral.

Pada masa kepemimpinannya, Presiden Suharto juga mempertegas peran Indonesia dalam ASEAN melalui penyelenggaraan serangkaian pertemuan. Adapun serangkaian pertemuan yang berhasil diselenggarakan oleh Indonesia yaitu sebagai berikut:

  • Forum Kawasan ASEAN atau ASEAN Regional Forum
  • Pertemuan Tingkat Menteri ASEAN atau ASEAN Ministerial Meeting
  • Pertemuan Kementerian Kawasan yang membicarakan tentang penyelesaian masalah yang sering terjadi dan sebagainya.

Tuan Rumah KTT ASEAN

Peran Indonesia dalam ASEAN selanjutnya ialah sebagai tuan rumah KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) ASEAN. Penyelenggaraan KTT ASEAN telah dipercayakan kepada bangsa Indonesia sebanyak beberapa kali. Adapun KTT yang pernah diselenggarakan yaitu:

  • Tanggal 23 – 24 Februari diselenggarakan KTT ASEAN yang ke 1 di Bali. KTT tersebut berisi kesepakatan dalam membentuk sekretariat ASEAN yang pusatnya di Jakarta dan H.R. Dharsono (putra Indonesia) ditunjuk sebagai Sekjen (Sekretaris Jenderal) pertama.
  • Tanggal 7 – 8 Oktober 2008 diselenggarakan KTT ASEAN yang ke 9 di Bali. KTT tersebut berisi usulan bangsa Indonesia dalam membentuk ASEAN Community atau Komunitas ASEAN dalam bidang keamanan, sosial, ekonomi dan budaya.
  • Tanggal 4 – 8 Mei 2011 diselenggarakan KTT ASEAN yang ke 18 di Jakarta.

Baca juga : Batas Wilayah Indonesia Secara Geografis dan Astronomis

  • Tanggal 17 -19 November 2011 diselenggarakan KTT ASEAN yang ke 19 di Bali. KTT tersebut berisi kesepakatan SEANWFZ (Southeast Asia Nuclear Weapon Free Zone) yakni kawasan bebas senjata nuklir di wilayah Asia Tenggara.

Menciptakan Perdamaian di Asia Tenggara

Peran Indonesia dalam ASEAN yang terakhir ialah berhasil menciptakan perdamaian di wilayah Asia Tenggara. Bangsa Indonesia mampu menyelesaikan masalah di berbagai negara anggota ASEAN lainnya sehingga dapat menciptakan perdamaian diantara negara negara tersebut, terutama di wilayah Asia Tenggara.

Indonesia pernah berperan sebagai penengah konflik diantara Vietnam dan Kamboja pada tahun 1987. Kemudian kedua negara ini melakukan kesepakatan perjanjian damai melalui Konferensi Paris pada tahun 1991. Selain itu adapula peran Indonesia dalam ASEAN lainnya yaitu ketika Indonesia lagi lagi sebagai penengah konflik antara pemerintah Filipina dengan MNFL (Moro National Front Liberation). Setelah itu keduanya dipertemukan di Indonesia dan melakukan perjanjian damai.

Sekian penjelasan mengenai peran Indonesia dalam ASEAN yang singkat dan terlengkap. Indonesia merupakan satu diantara 10 negara yang tergabung dalam ASEAN dan satu diantara 5 negara yang mendirikan ASEAN. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *