Perbedaan Candi Jawa Tengah dan Jawa Timur Beserta Contoh Lengkap
Perbedaan Candi di Jawa Tengah dan di Jawa Timur

Perbedaan Candi Jawa Tengah dan Jawa Timur Beserta Contoh Lengkap

Diposting pada

Perbedaan Candi Jawa Tengah dan Jawa Timur Beserta Contoh Lengkap – Asal mula istilah candi ialah dari kata “Candika” yang merupakan nama sebuah Dewi Kematian yakni Dewi Durga. Untuk itulah penggunaan candi candi di Indonesia ialah sebagai bangunan pemuliaan bagi para maharaja yang telah wafat. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai macam candi yang tersebar diseluruh daerah daerahnya. Misalnya saja candi di Jawa Tengah dan candi di Jawa Timur. Kedua candi ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan jika di lihat secara langsung. Lalu apa saja perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Perbedaan candi Jateng dan Jatim tersebut juga dapat dilihat dari contoh candi Jawa Tengah dan contoh candi Jawa Timurnya.

Perbedaan Candi Jawa Tengah dan Jawa Timur Beserta Contoh Lengkap
Perbedaan Candi di Jawa Tengah dan di Jawa Timur

Masing masing candi di Indonesia memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri. Keunikan dan ciri khas tersebut ditunjukkan dalam bentuk gaya atau langgam tertentu. Langgam tersebut terlihat dari kombinasi atau sekumpulan ciri bersifat khas sehingga dapat digunakan untuk membedakannya dengan candi candi lainnya. Seperti halnya yang terdapat dalam perbedaan candi Jateng dan Jatim ini. Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur beserta contoh candi Jawa Tengah dan contoh candi Jawa Timur lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perbedaan Candi Jawa Tengah dan Jawa Timur Beserta Contoh Lengkap

Seperti yang telah kita ketahui bahwa candi merupakan salah satu peninggalan kebudayaan Budha dan Hindu. Untuk itulah candi digunakan sebagai bangunan suci untuk peganut agama Budha dan Hindu. Bentuk dari adanya akulturasi kebudayaan baru India dan kebudayaan Indonesia pada masa Megalitikum (Punden Berundak) tersebut diwujudkan dalam bentuk candi candi. Untuk itulah muncul beberapa macam candi seperti contoh candi Jawa Tengah dan contoh candi Jawa Timur ini. Perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut terlihat jelas dari bentuknya. Apa saja perbedaan candi Jateng dan Jatim?

Baca juga : Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Beserta Gambar Lengkap

Bangunan candi yang terdapat di India dengan candi di Indonesia mempunyai beberapa fungsi yang berbeda. Candi candi di Indonesia tersebut cenderung digunakan untuk tempat memuja para dewa dan sebagai tempat mengubur para raja. Misalnya makam raja Kerajaan Singosari yakni raja Anusapati yang diwujudkan dalam bentuk Candi Kidal. Penyebaran candi candi di Indonesia banyak terdapat di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Masing masing contoh candi Jawa Tengah, contoh candi Jawa Timur, dan contoh candi Yogyakarta cenderung berbeda satu sama lain. Di bawah ini terdapat perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur beserta contohnya. Berikut penjelasan mengenai perbedaan candi Jateng dan Jatim yaitu:

Bentuk Bangunan Candi

Perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur yang pertama terletak pada bentuk bangunan candinya. Candi Jawa tengah cenderung memiliki bentuk tambun, dimana bagian atapnya berbentuk ratna atau stupa berundak undak. Candi tersebut memiliki tubuh dan kaki yang cukup lebar dibagian selasarnya. Selasar tersebut berguna untuk tempat ritual berkeliling objek candi atau ritual pradaksina. Sedangkan untuk candi Jawa Tengah memiliki bentuk yang ramping, dimana bentuk puncak atapnya kubus dan atapnya bertingkat ke atas lebih mengecil. Bentuk atap candi Jawa Timur ini terkesal lebih artistik dan minimalis. Meskipun terdapat perbedaan candi Jateng dan Jatim ini, tentunya masing masing contoh candi Jawa Tengah dan contoh candi Jawa Timur perlu untuk dilestarikan dan dijaga.

Relief Candi

Perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur selanjutnya terletak pada relief candinya. Candi di Jawa Tengah dan candi di Jawa Timur pastinya memiliki perbedaan relief yang cukup mencolok. Candi Jawa Tengah memiliki relief yang sedikit timbul lebih tinggi. Sedangkan relief candi Jawa Timur tidak terlalu timbul. Kemudian hiasan lukisan pada langgam Jawa Tengah memiliki kesan yang naturalis, sedangkan hiasan lukisan pada langgam Jawa Timur memiliki kesan simbolis yang serupa dengan wayang kulit. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Hal ini terjadi karena banyak candi Jawa Tengah yang dipengaruhi oleh kesusastraan dari India. Sedangkan pengaruh dari candi Jawa Timur berasal dari kesusastraan Jawa Kuno. Maka dari itu perbedaan candi Jateng dan Jatim tersebut tidak sama dalam hal reliefnya.

Bahan Dasar Candi

Perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur selanjutnya terletak pada bahan dasar candinya. Candi di Jawa Tengah terbuat dari batu andesit karena diwilayah ini terdapat banyak sekali gunung berapi yang aktif. Maka dari itu banyak sekali ditemukan batu andesit. Sedangkan untuk candi di Jawa Timur cenderung berasal dari batu bata, walaupun ada beberapa candi Jawa Timur yang berasal dari batu Andesit. Hal ini dikarenakan di Jawa Timur juga ditemukan beberapa material vulkanik.

Posisi dan Letak Candi Induk

Perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur selanjutnya terletak pada posisi dan letak candi induknya. Jika kita perhatikan posisi dan letak candi induk di kedua daerah ini dengan seksama, maka akan terlihat perbedaan candi Jateng dan Jatimnya. Candi induk pada langgam Jawa Tengah mengarah ke Timur dan berada di halaman bagian tengah. Sedangkan untuk candi induk di langgam Jawa Timur mengarah ke Barat dan berada di belakang halamannya. Candi induk di Jawa Timur ini berhubungan dengan teori terbenam dan terbitnya matahari.

Baca juga : 30+ Peninggalan Kerajaan Majapahit (Candi, Kitab, dan Prasasti)

Hiasan Candi

Perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur selanjutnya terletak pada hiasan candinya. Di Indonesia terdapat dua jenis hiasan pada candi yakni berupa hiasan kala (lambang yang terletak di pintu candi) dan hiasan tangga. Candi di Jawa Timur memiliki hiasan tangga berupa ukiran naga ataupun patung. Sedangkan candi di Jawa Tengah memiliki hiasan tangga berupa kendaraan Dewi Gangga ataupun makara. Kemudian untuk candi Jawa Tengah memiliki hiasan kala yang dijelaskan dengan tidak mempunyai rahang bawah ataupun dagu.

Perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur dapat berasal dari bentuk bangunan, relief, bahan dasar, posisi dan letak candi induk beserta hiasan candinya. Perbedaan candi Jateng dan Jatim tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk ciri ciri candi Jawa Tengah dan ciri ciri candi Jawa Timur. Adapun beberapa ciri ciri candi beserta contoh Candi Jawa Tengah dan contoh candi Jawa Timur yaitu sebagai berikut:

Ciri Ciri Candi Jawa Tengah

  • Bangunan candinya berbentuk tambun.
  • Bentuk atap candi berundak undak secara nyata.
  • Atapnya memiliki puncak yang berbentuk stupa dan ratna.
  • Hiasan relung dan gawang pintu candinya berupa kala makara.
  • Memiliki lukisan berupa naturalis dan bentuk reliefnya sedikit timbul tinggi.
  • Letak candi induk atau utamanya berada di halaman bagian tengah.
  • Candi di Jawa Tengah pada dasarnya mengarah ke Timur.
  • Candi Jawa Tengah berasal dari batu andesit.

Perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur tidak hanya dapat berupa ciri ciri di atas, tetapi juga diwujudkan dalam bentuk contoh candinya. Adapun beberapa contoh candi Jawa Tengah beserta daerah Yogyakarta yaitu candi Prambanan, candi Kalasan, candi Borobudur, candi Kompleks Gedung Songo, candi Mendut, candi Plaosan, candi Pawon, candi Dieng, dan candi Ratu Boko.

Perbedaan Candi Jawa Tengah dan Jawa Timur Beserta Contoh Lengkap
Contoh Candi di Jawa Tengah (Candi Kalasan)

Baca juga : Ruang Lingkup Sejarah dan Contohnya (Peristiwa, Kisah, Ilmu, Seni)

Ciri Ciri Candi Jawa Timur

  • Bangunan candinya berbentuk ramping.
  • Bentuk atap candi kombinasi dari tingkatan.
  • Atapnya memiliki puncak yang berbentuk kubus.
  • Hiasan relung dan pintu hanya berupa ambang dan tidak memiliki makara.
  • Memiliki lukisan berupa simbolis menyerupai wayang dan bentuk reliefnya timbul saja sedikit.
  • Letak candi induk atau utamanya berada di belakang halaman.
  • Candi di Jawa Timur pada dasarnya mengarah ke Barat.
  • Candi Jawa Timur berasal dari batu bata.

Perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur tidak hanya dapat berupa ciri ciri di atas, tetapi juga diwujudkan dalam bentuk contoh candinya. Adapun beberapa contoh candi Jawa Timur yaitu candi Bajang Ratu, candi Panataran, candi Brahu, candi Singosari, candi Jago, candi Kidal dan candi Kawi.

Perbedaan Candi Jawa Tengah dan Jawa Timur Beserta Contoh Lengkap
Contoh Candi di Jawa Timur (Candi Singosari)

Sekian penjelasan mengenai perbedaan candi Jawa Tengah dan Jawa Timur beserta contoh candi Jawa Tengah dan contoh candi Jawa Timur lengkap. Perbedaan candi Jateng dan Jatim dapat berasal dari bentuk bangunan, relief, bahan dasar, posisi dan letak candi induk beserta hiasan candinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *