Rumus Cepat Rambat Gelombang Beserta Penjelasan

Rumus Cepat Rambat Gelombang Beserta Penjelasan

Diposting pada

Rumus Cepat Rambat Gelombang Beserta Penjelasan – Dalam pelajaran Fisika terdapat materi mengenai cepat rambat gelombang. Materi ini sebenarnya dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari hari karena berkaitan dengan bunyi. Gelombang tersebut dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Untuk gelombang mekanik contohnya gelombang bunyi, sedangkan untuk gelombang elektromagnetik contohnya gelombang handphone maupun gelombang radio. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai rumus cepat rambat gelombang beserta penjelasannya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Cepat Rambat Gelombang Beserta Penjelasan
Materi rumus gelombang merambat

Mempelajari seberapa cepat gelombang merambat sangatlah penting sebagai bagian dari pelajaran fisika. Gelombang sendiri merupakan sebuah getaran yang terbentuk dari adanya aksi. Semakin keras aksi yang dilakukan maka getaran yang dihasilkan pun juga akan semakin besar. Dengan demikian semakin cepat pula gelombang akan merambat pada sebuah benda. Meskipun tidak terlalu sulit dihafal, namun hanya sedikit orang yang mengetahui rumus cepat rambat gelombang.

Rumus Cepat Rambat Gelombang Beserta Penjelasan

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang menjadi momok bagi siswa SMA maupun SMK. Materi serta rumus kompleks turut serta mewarnai tingkat kesulitan mapel ini. Salah satunya ialah materi getaran dan kecepatan gelombang yang notabennya bisa dihitung. Gelombang adalah getaran yang merambat tanpa adanya perpindahan materi yang dilaluinya. Hal tersebut dikarenakan gelombang merupakan perambatan energi. Dalam rumus cepat rambat gelombang terdapat beberapa besaran yang perlu diperhatikan yakni:

  1. Amplitudi gelombang (A) yaitu jarak antara puncak gelombang dengan titik tumpuan/titik nol. Satuannya adalah meter.
  2. Panjang gelombang (λ) yaitu jarak dua puncak pada gelombang yang saling berderetan atau dua lembah yang saling urut. Satuannya adalah meter.
  3. Frekuensi gelombang (f) yaitu jumlah banyak gelombang yang terjadi setiap sekon. Satuannya adalah Hertz (Hz).
  4. Periode gelombang (T) yaitu waktu yang diperlukan satu gelombang dalam melakukan perambatan. Satuannya adalah sekon (s).
  5. Cepat rambat gelombang (V) yaitu kecepatan gelombang dalam melakukan perambatan. Satuannya adalah m/s.

Dibawah ini terdapat rumus cepat rambat gelombang secara umum:

v= λ/T= λf

Keterangan:

v = cepat rambat gelombang (m/s)

λ = panjang gelombang (m)

T = waktu/periode gelombang (s)

f = frekuensi gelombang (Hz)

Gelombang merupakan sebuah getaran yang merambat melalui medium. Padahal setiap jenis medium memiliki ciri serta karakteristik tersendiri yang sedikit banyak berpengaruh pada cepat rambat gelombang itu sendiri. Dengan demikian bisa kita simpulkan bahwa gelombang memiliki kecepatan yang berbeda-beda ketika merambat pada sebuah benda.

Maka dari itu kita akan membahas rumus cepat rambat gelombang pada setiap mediumnya. Saya akan mengambil beberapa contoh umum medium dalam kehidupan sehari-hari. Untuk pembahasan lebih mendalam silahkan simak rumus di bawah ini.

Cepat Rambat Gelombang pada Tali

Gelombang pada tali termasuk kedalam jenis gelombang mekanik karena perambatannya membutuhkan medium lain. Contoh cepat rambat gelombang pada tali yakni gelombang pada dawai/senar (gelombang transversal). Rumus cepat rambat gelombang pada tali:

v=(F/miu)1/2

Keterangan:

v = kecepatan pada gelombang tali (m/s)
F = gaya tegangan pada tali (kg m/s2 atau newton atau N)
miu = rapat massa senar/massa per satuan panjang senar (kg/m)

Jika kita perhatikan rumus diatas maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa cepat rambat gelombang pada tali tergantung pada besar massa per satuan panjang tali dan gaya tegangnya (F).

Cepat Rambat Gelombang pada Bunyi

Gelombang bunyi termasuk kedalam gelombang longitudinal yang dapat merambat ke semua jenis medium seperti benda cair, gas, ataupun padat. Cepat rambat gelombang bunyi tergantung sifat medium yang dilewatinya. Contohnya cepat rambat gelombang pada kayu maka besarnya tergantung sifat kayunya. Namun apabila bunyi merambat melalui benda benda fluida (cair dan gas), maka harus menggunakan rumus cepat rambat gelombang dibawah ini:

v=(B/ρ)1/2

Keterangan:

B = modulus bulk
ρ = massa jenis (kg/m3)

Baca juga: 10 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi (Sekolah, Alam dan Lingkungan)

Tetapi jika bunyi merambat melalui benda yang teksturnya padat dan berbentuk panjang maka dapat menggunakan rumus gelombang di bawah ini:

v=(Y/ρ)1/2

Keterangan:

Y = modulus Young (N/m2)
ρ = massa jenis (kg/m3)

Cepat Rambat Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik ialah jenis gelombang yang perambatannya tidak membutuhkan medium. Selain itu gelombang ini termasuk ke dalam gelombang transversal yang telah terdifraksi, terpolarisasi, dan terbiaskan. Besar cepat rambat gelombang elektromagnetik dengan transversal sama yaitu c= 3 x 108 m/s (saat merambat). Namun terdapat perbedaan dibagian frekuensi gelombang dan panjang gelombangnya. Berikut rumus cepat rambat gelombang elektromagnetik:

v=1/( μₒ Ԑₒ)1/2

Keterangan:

μₒ = permeabilitas ruang hampa = 4π x 10-7Wb/Am
Ԑₒ = permitivitas ruang hampa = 8,85418 x 10-12C2/N m2

Mapel fisika memang terkesan sulit untuk siswa khususnya kita yang memiliki kelemahan dalam menghitung. namun dengan adanya artikel getaran serta rumus kecepatan gelombang saya harapkan bisa membantu kalian dalam belajar. Untuk bisa menghitung rumus gelombang tersebut diperlukan ketelitian yang tinggi. Demikianlah pejelasan mengenai rumus cepat rambat gelombang baik secara umum maupun melalui medium lain. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *