Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal Beserta Contoh Soal
Gambar Gelombang Transversal dan Longitudinal

Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal Beserta Contoh Soal

Diposting pada

Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal Beserta Contoh Soal – Dalam ilmu Fisika pada dasarnya terdapat dua jenis gelombang yaitu gelombang longitudinal dan gelombang transversal. Kedua jenis gelombang tersebut memiliki rumusnya masing masing. Untuk itu rumus gelombang transversal berbeda dengan rumus pada gelombang longitudinal. Bahkan dalam transversal terdapat rumus cepat rambat gelombangnya sendiri. Lalu apa rumus cepat rambat gelombang transversal? Bagaimana cara menyelesaikan contoh soal cepat rambat pada gelombang transversal? Sebelum membahas tentang cepat rambat tersebut tentunya harus mempelajari tentang pengertian gelombang transversal dan karakteristik gelombang transversal terlebih dahulu.

Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal Beserta Contoh Soal
Gambar Gelombang Transversal dan Longitudinal

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus cepat rambat gelombang transversal beserta contoh soalnya. Selain itu saya juga tidak lupa menjelaskan tentang pengertian gelombang transversal, karakteristik gelombang transversal dan rumus gelombang transversal secara umum. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal Beserta Contoh Soal

Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus cepat rambat gelombang transversal beserta contoh soal. Selain itu saya tidak lupa untuk menjelaskan pula tentang pengertian gelombang transversal, karakteristik gelombang transversal, rumus gelombang transversal dan contoh soal gelombang transversalnya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Rumus Cepat Rambat Gelombang Beserta Penjelasan

Pengertian Gelombang Transversal

Apa itu gelombang transversal? Sebelum mempelajari tentang rumus cepat rambat gelombang transversal, alangkah baiknya jika mengetahui definisi dari gelombang transversal itu sendiri. Pengertian gelombang transversal adalah jenis gelombang yang arah rambatnya tegak lurus dengan arah getarannya. Jenis gelombang ini membutuhkan medium untuk merambat sehingga termasuk dalam kategori gelombang mekanik. Adapun contoh gelombang transversal kecil yang dapat kita amati ialah cahaya.

Selain itu adapula beberapa sebutan dalam gelombang transversal seperti puncak gelombang (titik tertinggi dalam gelombang), bukit gelombang (lengkungan yang letaknya dibagian atas posisi setimbang), simpangan (jarak antara titik posisi setimbang dengan gelombangnya), amplitudo (jarak dasar atau puncak gelombang terhadap posisi setimbangnya), dasar gelombang (titik terendah yang terdapat dalam gelombang), dan lembah gelombang (lengkungan yang letaknya di bawah posisi setimbang). Sebutan sebutan inilah yang nantinya akan terdapat dalam rumus cepat rambat gelombang transversal maupun rumus gelombang transversal.

Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal Beserta Contoh Soal
Gelombang Transversal

Penerapan dari rumus cepat rambat gelombang transversal dan rumus gelombang transversal biasanya digunakan dalam menghitung besar gelombang pada sebuah benda. Bahkan sebenarnya contoh gelombang transversal dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari hari seperti:

  • Air yang diberikan dengan guncangan maka akan memiliki gelombang.
  • Gelombang yang terjadi di danau maupun di ombak laut.
  • Tali yang dimainkan akan memiliki gelombang.
  • Gelombang pada cahaya

Karakteristik Gelombang Transversal

Selanjutnya saya akan menjelaskan karakteristik gelombang transversal sebelum membagikan rumus cepat rambat gelombang transversal dan rumus gelombang transversalnya. Adapun beberapa karakteristik dalam gelombang transversal yaitu meliputi:

  1. Gelombang transversal memiliki arah rambat yang tegak lurus dengan arah getarannya.
  2. Gelombangnya memiliki bentuk yaitu lembah dan bukit.

Sebelum lanjut ke tahap rumus cepat rambat gelombang transversal dan rumus gelombang transversal. Anda harus memahami beberapa komponen penting dalam gelombang transversal yaitu meliputi:

  • Bukit gelombang ialah lengkungan yang terletak di atas posisi setimbang dalam gelombang.
  • Lembah gelombang ialah lengkungan yang terletak di bawah posisi setimbang dalam gelombang.
  • Puncak gelombang ialah titik paling tinggi dalam gelombang.
  • Dasar gelombang ialah titik paling rendah dalam gelombang.
  • Simpangan ialah jarak antara posisi setimbang dengan titik gelombangnya.
  • Panjang gelombang (λ) ialah panjang satu kali dalam gelombang (1 bukit + 1 lembah).
  • Amplitudo ialah jarak posisi setimbang dengan dasar atau pucak dalam gelombang.
  • Frekuensi gelombang (f) ialah banyaknya gelombang di setiap satu satuan waktu.
  • Periode gelombang (T) ialah waktu yang diperlukan untuk mengalami satu kali gelombang.
  • Cepat rambat gelombang (v) ialah jarak gelombang dalam setiap satu satuan waktu.

Rumus Gelombang Transversal

Sebelum lanjut ke tahap rumus cepat rambat gelombang transversal, saya akan menjelaskan tentang rumus gelombang transversal secara umum terlebih dahulu. Adapun rumusnya yaitu sebagai berikut:

Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal Beserta Contoh Soal
Rumus Gelombang Transversal

Keterangan :

λ = Panjang gelombang (m)

v = Cepat rambat gelombang (m/s)

f = Frekuensi gelombang (sekon)

t = Waktu (sekon)

n = Jumlah gelombang

Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal

Gelombang transversal mempunyai kecepatan tertentu untuk merambat dari satu ujung ke ujung lainnya sehingga memperoleh waktu dan jarak tertentu. Jika dinyatakan dalam bentuk rumus cepat rambat gelombang transversal maka akan menjadi seperti di bawah ini:

Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal Beserta Contoh Soal
Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal

Tetapi apabila jarak satu gelombang (s = λ ) yang sama memiliki waktu tempuh dalam satu periode (t = T), maka rumusnya akan menjadi seperti di bawah ini:

Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal Beserta Contoh Soal
Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal

Keterangan :

v = Cepat rambat gelombang (m/s)

λ = Panjang gelombang (m)

T = Periode gelombang (s)

f = Frekuensi gelombang (Hz)

Contoh Soal Cepat Rambat Gelombang Transversal

1. Panjang gelombang yang merambat pada permukaan air besarnya 3 meter. Jika satu gelombang ditempuh dalam waktu 1 sekon. Maka berapakah besar frekuensi gelombang dan cepat rambat gelombangnya?

Pembahasan

Diketahui :  λ = 3 m; T = 1 s

Ditanyakan : f dan v = ?

Jawab :

f = 1/T = 1/1 s = 1 Hz

v = λ / T = 3 m/1 s = 3 m/s

Jadi besar frekuensi gelombang dan cepat rambat gelombangnya adalah 1 Hz dan 3 m/s.

2. Frekuensi yang merambat pada sebuah tali besarnya 20 Hz. Jika jarak satu periode yang ditempuhnya memiliki besar 50 cm. Hitunglah cepat rambat gelombang pada tali tersebut?

Pembahasan

Diketahui :  f = 20 Hz; λ = 50 cm =0,5 m

Ditanyakan : v = ?

Jawab :

v = λ x f = 0,5 x 20 = 10 m/s

Jadi cepat rambat gelombang pada tali tersebut adalah 10 m/s.

Sekian penjelasan mengenai rumus cepat rambat gelombang transversal beserta contoh soalnya. Selain itu saya juga tidak lupa menjelaskan tentang pengertian gelombang transversal, karakteristik gelombang transversal dan rumus gelombang transversal secara umum. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *