Rumus Daya Beserta Pengertian, Satuan dan Contoh Soal
Penggunaan Daya Dalam Kehidupan Sehari Hari

Rumus Daya Beserta Pengertian, Satuan dan Contoh Soal

Diposting pada

Rumus Daya Beserta Pengertian, Satuan dan Contoh Soal – Apakah anda tahu apa pengertian daya itu? Contoh soal daya sering digunakan sebagai soal soal ujian dalam materi pembelajaran Fisika ataupun Elektronika. Didalam materi pembelajaran ini terdapat pembahasan mengenai rumus daya, satuan daya, lambang dimensi daya ataupun lambang daya. Materi daya ini tidak hanya diajarkan ketika di bangku sekolah saja. Namun juga diterapkan dalam kehidupan sehari hari. Apabila kita mendengar tentang istilah daya maka akan identik dengan hal hal yang bernuansa listrik. Untuk itu kita sering mendengar istilah istilah daya listrik. Lantas bagaimana cara menyelesaikan soal soal daya?

Rumus Daya Beserta Pengertian, Satuan dan Contoh Soal
Penggunaan Daya Dalam Kehidupan Sehari Hari

Istilah daya dapat diartikan sebagai penerusan laju energi yang terjadi dalam periode tertentu ketika melakukan usaha. Daya memiliki satuan yang sesuai dengan Satuan Internasional (SI) yaitu Watt atau Joule/Sekon (J/s). Satuan Watt tersebut digunakan untuk menghormati James Watt yakni ilmuan yang menemukan mesin uap. Untuk itu dalam menghitung daya sebuah benda yang menghasilkan laju energi akan menggunakan satuan Watt atau Joule/sekon. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus daya beserta pengertian daya, satuan daya dan contoh soal daya. Saya juga menyertakan pembahasan mengenai perbedaan daya dan energi, perbedaan daya dan usaha beserta lambang daya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Daya Beserta Pengertian, Satuan dan Contoh Soal

Pengertian daya adalah laju energi yang dikirim dalam waktu periode tertentu ketika melakukan usaha. Satuan daya dalam Satuan Internasional (SI) ialah Watt atau Joule/Sekon (J/s).  Selain itu daya juga menggunakan satuan lain berupa Horse Power (hp) atau daya kuda. Besar 1 hp sama dengan 746 Watt (1 hp = 746 watt). Daya tersebut tidak memiliki arah dan hanya memiliki nilai. Untuk itu daya termasuk dalam besaran skalar. Untuk menyelesaikan contoh contoh soal daya yang ada biasanya menggunakan rumus daya.

Rumus Daya Beserta Pengertian, Satuan dan Contoh Soal
Penggambaran Sebuah Daya

Baca juga : Rumus Cepat Rambat Gelombang Transversal Beserta Contoh Soal

Rumus Daya

Dalam ilmu Fisika terdapat rumus persamaan daya yang dinyatakan seperti di bawah ini:

P = W/t

Berdasarkan rumus daya di atas dapat diperoleh rumus turunan daya seperti berikut:

P = (F . t) / t

P = F . v

Keterangan:

P = Daya (Watt atau Joule/sekon)
W = Usaha (Joule)
t = Waktu (sekon)
F = Gaya (Newton)
s = Jarak (meter)
v = Kecepatan (meter/sekon)

Berdasrkan rumus daya tersebut dapat kita peroleh penjabaran rumus Usaha (W) yakni berupa hasil kali Gaya (F) dengan Jarak (s), kemudian di bagi dengan Waktu (t). Dalam rumus turunan daya terdapat Kecepatan (v) yang berasal dari pembagian jarak (s) dengan waktu (t).

Berdasarkan persamaan daya dalam ilmu Fisika tersebut dapat kita peroleh kesimpulan bahwa laju daya akan semakin besar jika laju usahanya semakin besar. Namun laju daya akan semakin kecil jika waktunya semakin lama.

Perbedaan Daya dan Energi

Setelah membahas tentang pengertian daya dan rumus daya. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang daya dan energi. Selama ini daya dengan energi selalu disamakan artinya. Padahal keduanya sangat berbeda dan tidak sama. Dalam melakukan kegiatan membutuhkan kemampuan yang dibatasi dengan total energi dan daya kemampuan dalam tubuh. Maka dari itu dalam tubuh tidak hanya dibatasi oleh total energi saja, melainkan dibatasi oleh daya kemampuan juga. Misalnya seseorang memutari lapangan dengan cara berjalan sampai energinya habis total. Ia dapat melakukan putaran sebanyak 35 kali. Tetapi keesokan harinya, ia dapat menyelesaikan 30 kali putaran dengan cara berlari sampai energinya habis. Hal ini dapat terjadi karena terdapat batasan daya dalam tubuh ketika berlari sehingga timbul energi mekanik yang berasal dari pengubahan laju energi kimia.

Baca juga : Rumus Cepat Rambat Gelombang Beserta Penjelasan

Perbedaan Daya dan Usaha

Selain rumus daya dan perbedaan daya dengan energi di atas, adapula perbedaan daya dengan usaha. Daya dan usaha juga kerap sekali disamakan dalam persoalan mekanika untuk pelajaran Fisika. Sebenarnya kedua hal ini berbeda. Kita dapat melihat perbedaan tersebut dengan jelas dari pengertiannya. Adapun pengertian daya yaitu laju energi dalam waktu periode tertentu ketika melakukan usaha. Sedangkan pengertian usaha ialah jumlah energi dalam jarak tertentu yang diteruskan oleh gaya. Maka dari itu daya dan usaha memiliki perbedaan yang cukup jelas yakni daya merupakan laju energi, sedangkan usaha merupakan jumlah energi yang diteruskan atau dihantarkan. Perbedaan daya dan usaha juga dapat dilihat dari satuan yang digunakan. Daya mengunakan satuan Watt dan usaha menggunakan satuan Joule.

Satuan Daya

Daya dapat diperoleh dari besaran besaran pokok. Untuk itu daya termasuk dalam besaran turunan. Satuan daya tersebut digunakan untuk memperoleh lambang dimensinya. Perhatikan rumus pada daya dibawah ini:

Rumus daya yaitu P = W/t

Untuk memperoleh lambang dimensi daya diperlukan:

  • Panjang (meter) dengan lambang L.
  • Massa (kilogram) dengan lambang M.
  • Waktu (dekon atau detik) dengan lambang T.

Berdasarkan rumus daya tersebut diperoleh satuan usaha yang memiliki lambang dimensi kgm²s⁻² dan waktu memiliki lambang s. Maka dari itu diperoleh lambang dimensi daya yakni kgm²s⁻²/s atau kgm²s⁻³ (Watt) atau ML²T⁻³.

Contoh Soal Daya

Selanjutnya saya akan membahas tentang contoh soal terkait rumus daya. Adapun contol soal daya beserta pembahasannya yaitu sebagai berikut:

Ani memindahkan sebuah balok dengan usaha 720 Joule selama 4 menit. Berapakah besar daya yang dikeluarkan Ani?

Pembahasan

Diketahui : W = 720 Joule; t = 4 menit = 4 x 60 detik = 240 detik

Ditanyatakan : P = . . . ?

Jawab :

P = W/t

P = 720/240 = 3 Watt

Jadi daya yang dikeluarkan Ani sebesar 3 watt.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus daya beserta pengertian daya, satuan daya dan contoh soal daya. Daya ialah laju energi yang dikirim dalam waktu periode tertentu ketika melakukan usaha. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi daya di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *