Rumus Volume Kubus dan Luas Permukaan Kubus
Kubus ABCD.EFGH

Rumus Volume Kubus dan Luas Permukaan Kubus

Diposting pada

Rumus Volume Kubus dan Luas Permukaan Kubus – Bangun ruang Matematika memiliki beragam bentuk seperti kubus, balok, kerucut, tabung dan sebagainya. Salah satu bangun ruang yang sering dijadikan sebagai soal soal ujian ialah kubus. Seperti halnya bangun ruang lainnya, kubus memiliki rumus volume dan rumus luas permukaannya sendiri. Rumus volume kubus dan rumus luas permukaan kubus berbeda dengan rumus bangun ruang lainnya. Apa itu kubus? Kubus ialah bangun ruang tiga dimensi yang memiliki enam buah sisi yang kongruen dan sama besar. Bangun kubus sering disebut sebagai bidang enam beraturan yang bentuknya hampir sama dengan prisma segi empat.

Baca juga: Rumus Barisan Aritmatika dan Deret Aritmatika Beserta Contoh

Bangun kubus sering muncul dalam soal soal UAS ataupun UN untuk tingkat SMP ataupun SMA sederajat. Maka dari itu para siswa diharapkan untuk lebih memahami mengenai rumus bangun tersebut. Nah pada kesempatan kali ini, materisiana akan menjelaskan tentang rumus volume kubus dan rumus luas permukaan kubus. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Volume Kubus dan Luas Permukaan Kubus

Kubus mempunyai 8 titik sudut, 6 buah sisi dan 12 rusuk. Sebelum membahas mengenai rumus volume kubus dan rumus luas permukaan kubus, saya akan menjelaskan mengenai bagian bagian dari kubus. Perhatikan gambar kubus ABCD.EFGH dibawah ini!

Rumus Volume Kubus dan Luas Permukaan Kubus
Kubus ABCD.EFGH

Berdasarkan kubus ABCD.EFGH di atas dapat kita peroleh bagian bgian dari bangun tersebut yaitu:

  1. Kubus mempunyai 6 sisi kongruen yang bentuknya persegi. Sisi sisi kubus tersebut meliputi ABCD = sisi bawah, ABFE = sisi depan, EFGH = sisi atas, CDHG = sisi belakang, BCGF = sisi kiri, dan ADHE = sisi kanan.
  2. Kubus mempunyai 12 rusuk. Rusuk ialah garis potong antar sisi sisi kubus. Pada gambar diatas yang termasuk rusuk kubus ialah AB, AD, BC, CD, EF, EH. FG, GH, BF, DH, AE, dan CG.
  3. Kubus mempunyai 8 titik sudut. Titik sudut ialah titik potong yang terletak diantara tiga rusuk. Pada gambar diatas yang termasuk titik sudut ialah A, B, C, D, E, F, G, dan H.
  4. Kubus memiliki 4 diagonal ruang. Diagonal ruang ialah dua titik sidut yang dihubungkan oleh garis berhadapan dalam satu ruang. Pada gambar diatas yang termasuk diagonal ruang ialah BH = DF = AG = CE.
  5. Kubus memiliki 6 bidang diagonal. Bidang diagonal ialah bidang yang terbentuk dari dua rusuk sejajar dengan dua bidang diagonal. Pada gambar diatas yang termasuk bidang diagonal ialah  BDHF, ADGF, ACGE, BCHE, ABGH, dan CDEF.

Sebelum memahami rumus volume kubus dan rumus luas permukaan kubus, kita juga harus memahami sifat sifat dari kubus. Berikut sifat sifat kubus yaitu:

  • Sisi sisi kubus berbentuk persegi
  • Rusuk kubus memiliki panjang yang sama.
  • Diagonal bidang pada kubus panjangnya sama.
  • Diagonal ruang kubus panjangnya sama.
  • Bidang diagonal pada kubus berbentuk persegi panjang.

Apabila bangun kubus dibuka maka akan menjadi jaring jaring kubus. Kubus memiliki 6 buah persegi yang dapat menjadi jaring jaring kubus setelah dirangkai. Berikut contoh jaring jaring kubus:

Rumus Volume Kubus dan Luas Permukaan Kubus
Jaring Jaring Kubus ABCD.EFGH

Rumus Volume Kubus

Selanjutnya tiba saatnya untuk membahas mengenai rumus volume kubus dan rumus luas permukaan kubus. Pada dasarnya dalam menghitung volume sebuah bangun ruang membutuhkan rumus:

Volume = Luas alas x tinggi

Karena kubus memiliki sisi sisi yang sama besar maka:

Volume kubus = sisi x sisi x sisi

Volume kubus = s x s x s

Volume kubus = s³

Jadi rumus volume kubus ialah:

Volume = s³

Rumus Luas Permukaan Kubus

Kubus memiliki 6 buah sisi yang kongruen dan sama besar. Maka dari itu untuk menghitung luas jaring jaring kubus memerlukan rumus dibawah ini:

Luas Permukaan Kubus = Luas seluruh jaring jaring kubus

= 6 x (s x s)

= 6s²

Jadi rumus luas permukaan kubus ialah :

Luas = 6s²

Contoh Soal

1. Sebuah kubus memiliki  panjang rusuk 6 cm. Berapakah volume dan luas permukaan kubus tersebut?

Pembahasan.

Diketahui : s = 6 cm

Ditanyakan : Volume dan Luas = ?

Jawab:

Volume = s³

= 6³

= 216 cm³

Luas = 6s²

= 6 x 6²

= 216 cm²

2. Berapakah panjang sisi kubus apabila luas permukaan kubusnya 384 cm²?

Pembahasan.

Diketahui : Luas = 384 cm²

Ditanyakan : sisi kubus = ?

Jawab:

Luas = 6s²

384 = 6s²

s² = 384/6

s² = 64

s = √64

s = 8 cm

Demikianlah penjelasan mengenai rumus volume kubus dan rumus luas permukaan kubus. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *