Rumus Volume Prisma Segitiga Beserta Luas Permukaannya
Rumus Prisma Segitiga

Rumus Volume Prisma Segitiga Beserta Luas Permukaannya

Diposting pada

Rumus Volume Prisma Segitiga Beserta Luas Permukaannya – Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus volume prisma segitiga dan rumus luas permukaan prisma segitiga. Rumus prisma segitiga ini memang pada dasarnya hampir sama dengan rumus pada prisma lainnya. Namun yang membedakannya ialah bentuk atap dan alas dari prisma itu sendiri. Maka dari itu perhitungan luas alasnya juga berbeda. Selain itu saya juga akan menyertakan cara menghitung volume prisma segitiga dan cara menghitung luas permukaan prisma segitiga. Sebelum itu apakah anda sudah mengetahui pengertian prisma itu? Lalu apa itu prisma segitiga?

Rumus Volume Prisma Segitiga Beserta Luas Permukaannya
Rumus Prisma Segitiga

Prisma ialah bangun ruang yang atap dan alasnya memiliki bentuk yang kongruen dan sama serta diselimuti oleh sisi samping yang bentuknya persegi panjang atau persegi. Kemudian pengertian prisma segitiga ialah bangun ruang prisma yang atap dan alasnya berbentuk segitiga (segitiga sama kaki, sama sisi, siku siku) yang kongruen dan sama. Meski bentuk atap dan alas prisma segitiga terbagi menjadi beberapa jenis namun rumus prisma segitiganya hampir sama, baik rumus volume prisma segitiga maupun rumus luas permukaan prisma segitiga. Cara menghitung volume prisma segitiga dan cara menghitung luas permukaan prisma segitiga untuk semua jenisnya juga tidak jauh berbeda.

Rumus Volume Prisma Segitiga Beserta Luas Permukaannya

Sebelum membahas tentang rumus prisma segitiga (rumus volume prisma segitiga dan rumus luas permukaan prisma segitiga), cara menghitung volume prisma segitiga dan cara menghitung luas permukaan prisma segitiga. Saya akan menjelaskan tentang jenis jenis prisma terlebih dahulu.  Dibawah ini terdapat beberapa jenis prisma yaitu sebagai berikut:

  1. Prisma Segitiga yaitu bangun prisma yang bentuk atap dan alasnya segitiga.
  2. Prisma Segiempat yaitu bangun prisma yang bentuk atap dan alasnya persegi/persegi panjang. Prisma segiempat yang sisi sisinya sama panjang dikenal dengan nama kubus. Sedangkan prisma segiempat yang sisi sisinya tidak sama panjang dikenal dengan nama balok.
  3. Prisma Segilima yaitu bangun prisma yang bentuk atap dan alasnya segilima.
  4. Prisma Segienam yaitu bangun prisma yang bentuk atap dan alasnya segienam.

Baca juga : Rumus Segitiga Sama Kaki (Luas dan Keliling)

Prisma tersebut sebenarnya dapat memiliki alas hingga segi n dengan titik titik yang tak terhingga atau lebih dikenal dengan nama tabung. Kemudian untuk prisma segitiga sendiri dapat dibagi pula menjadi beberapa jenis seperti prisma segitiga sama kaki, sama sisi dan siku siku. Masing masing jenis memiliki rumus prisma segitiga yang hampir sama, baik rumus volume prisma segitiga dan rumus luas permukaan prisma segitiga. Namun ada perbedaan dalam perhitungan Luas Alasnya. Saya nanti juga akan membagikan contoh soal prisma sebagai wujud cara menghitung volume prisma segitiga dan cara menghitung luas permukaan prisma segitiga.

Rumus Volume Prisma Segitiga Beserta Luas Permukaannya
Gambar Prisma Segitiga

Sebelum itu anda harus memahami beberapa sifat prisma segitiga yaitu sebagai berikut:

  • Bentuk atap dan alasnya sama dan kongruen. Perhatikan gambar prisma diatas, ukuran dan bentuk segitiga ABC kongruen dengan segitiga DEF.
  • Bentuk sisi samping yaitu persegi panjang. Perhatikan gambar prisma diatas, tiga sisi sampingnya berbentuk persegi panjang yaitu persegi panjang ABED, ACFD dan BCFE.
  • Memiliki rusuk rusuk tegak. Perhatikan gambar prisma segitiga di atas, terdapat tiga rusuk tegak yakni AD, CF dan BE. Adapula jenis prisma sisi miring yaitu bangun prisma yang rusuk rusuknya tidak tegak.

Baca juga : Rumus Volume Limas Segiempat Beserta Luas Permukaannya

  • Memiliki ukuran diagonal bidang yang sama pada sisi yang sama pula. Perhatikan gambar prisma di atas, ukuran BF = CE, AF = BD dan AF = CD.

Rumus Prisma Segitiga

Selanjutnya saya akan membagikan beberapa rumus prisma segitiga, baik rumus volume prisma segitiga dan rumus luas permukaan prisma segitiga. Saya juga akan membagikan cara menghitung volume prisma segitiga dan cara menghitung luas permukaan prisma segitiga dalam bentuk contoh soal. Berikut penjelasan rumus rumusnya:

Rumus Volume Prisma Segitiga

V = Luas Alas x Tinggi

V = (1/2 x a x t) x Tinggi Prisma

Keterangan :

V = Volume Prisma

a = alas prisma

t = tinggi alas prisma

Rumus Luas Permukaan Prisma Segitiga

Luas permukaan prisma dapat dihitung menggunakan rumus umum di bawah ini:

L = (2 x Luas Alas) + (Luas Seluruh Bidang Tegak)

Luas Permukaan Prisma Segitiga untuk alas yang sisinya sama panjang :

L = (2 x Luas Alas) + (3 x Luas Salah Satu Bidang Tegak)

Luas Permukaan Prisma juga dapat menggunakan rumus seperti di bawah ini:

L = (2 x Luas Alas) + (Keliling Alas x Tinggi Prisma)

Selain rumus prisma segitiga di atas (rumus volume prisma segitiga dan rumus luas permukaan prisma segitiga), saya juga akan membagikan cara menghitung volume prisma segitiga dan cara menghitung luas permukaan prisma segitiga dalam bentuk contoh soal. Berikut contoh soal prisma segiga terkait rumus di atas yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Rumus Volume Tabung dan Luas Permukaan Tabung

Contoh Soal

Perhatikan gambar prisma segitiga dibawah ini!

Rumus Volume Prisma Segitiga Beserta Luas Permukaannya
Gambar Contoh Soal Prisma Segitiga

Hitunglah volume dan luas permukaan prisma di atas ?

Pembahasan

Diketahui : a = 12 cm; t = 8 cm; t prisma = 24 cm

Ditanyakan : Volume dan Luas Permukaan = ?

Jawab :

Volume = Luas alas x tinggi prisma

Volume = (1/2 x a x t) x tinggi prisma

Volume = (1/2 x 12 x 8) x 24

Volume = 1.152 cm³

Luas Permukaan = (2 x Luas Alas) + (3 x Luas Salah Satu Bidang Tegak)

Luas Permukaan = (2 x [1/2 x 12 x 8]) + (3 x [24 x 12])

Luas Permukaan = 96 + 864

Luas Permukaan = 960 cm²

Jadi volume dan luas permukaan prisma ialah 1.152 cm³ dan 960 cm².

Sekian penjelasan mengenai rumus prisma segitiga, baik rumus volume prisma segitiga maupun rumus luas permukaan prisma segitiga. Saya juga menyertakan contoh soal agar anda lebih paham mengenai cara menghitung volume prisma segitiga dan cara menghitung luas permukaan prisma segitiga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *