Satuan Jumlah Lusin, Gross, Rim dan Kodi Lengkap
Lusin, Gross, Rim, dan Kodi

Satuan Jumlah Lusin, Gross, Rim dan Kodi Lengkap

Diposting pada

Satuan Jumlah Lusin, Gross, Rim dan Kodi Lengkap – Satuan jumlah dalam Matematika terdiri dari satuan lusin, satuan gross, satuan rim dan satuan kodi. Setiap satuan Matematika tersebut digunakan untuk menghitung jumlah transaksi ketika melakukan jual beli sebuah barang. Untuk itu lusin, kodi, gross, dan rim berguna untuk menunjukkan jumlah banyaknya benda atau barang yang akan kita beli. Bahkan ketika di bangku sekolah, para siswa telah diajarkan mengenai cara menghitung satuan lusin, cara menghitung satuan gross, cara menghitung satuan rim dan cara menghitung satuan kodi. Keempat jenis satuan ukuran jumlah tersebut juga sering digunakan untuk soal soal Ujian Sekolah.

Satuan Jumlah Lusin, Gross, Rim dan Kodi Lengkap
Lusin, Gross, Rim, dan Kodi

Satuan lusin, satuan gross, satuan rim, dan satuan kodi juga dapat dikatakan sebagai satuan ukuran kuantitatif (jumlah).  Satuan ukuran jumlah tersebut memiliki jumlah nilai yang berbeda jika dikonversikan menjadi bentuk satuan lainnya. Misalnya mengkonversikan satuan lusin menjadi satuan buah, satuan gross, begitu pula sebaliknya. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang satuan jumlah lusin, gross, rim dan kodi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Satuan Jumlah Lusin, Gross, Rim dan Kodi Lengkap

Dalam pembahasan ini, saya akan membaginya menjadi beberapa sub menu yaitu penjelasan tentang satuan lusin, satuan gross, satuan rim, satuan kodi, tabel konversi setiap satuan, contoh soal beserta cara menghitungnya. Berikut penjelasan mengenai masing masing satuan jumlahnya yaitu:

Baca juga : Pengertian Bilangan Prima Beserta Contoh 1 – 100 Lengkap

Satuan Lusin

Satuan jumlah yang pertama ialah satuan lusin. Berdasarkan bahasa serapan, kata lusin  berarti “Dozijin” yang asalnya dari bahasa Belanda dengan arti 12. Kemudian kata lusin dalam Bahasa Inggris berarti “Dozen” yang maknanya 12 juga. Satuan lusin berguna untuk menunjukkan total atau jumlah seluruh benda/barang yang dibeli. Misalnya penghapus, buku, gelas, lilin, piring, pensil, dan sebagainya. Jika lusin dikonversikan menjadi satuan buah maka hasilnya akan menjadi 1 lusin = 12 buah.

Satuan Gross

Satuan jumlah selanjutnya ialah satuan gross. Jenis satuan ini mungkin memang jarang terdengar karena jarang juga untuk digunakan. Namun gross dapat dikonversikan menjadi satuan  lusin. Maka besar 1 gross sama dengan 12 lusin dan 144 buah. Maka konversi satuan gross menjadi buah sama dengan 1 gross = 144 buah.

Satuan Rim

Satuan jumlah selanjutnya ialah satuan rim. Satuan rim berguna untuk menunjukkan jumlah barang. Misalnya jumlah kertas. Untuk itu rim dapat dikonversikan menjadi lembar atau helai. Maka hasil 1 rim = 500 lembar/helai.

Satuan Kodi

Satuan jumlah selanjutnya ialah satuan kodi. Kodi merupakan satuan kuantitatif yang berguna untuk menunjukkan total atau jumlah seluruh benda/barang yang kita beli. Misalnya batang bambu, baju, tas, mainan anak, kayu, sepatu dan sebagainya. Satuan kodi dapat dikonversikan menjadi satuan buah. Maka hasilnya 1 kodi = 20 buah.

Baca juga : 1 Hektar Berapa Meter Persegi? Berikut Jawaban Selengkapnya

Di bawah ini terdapat tabel konversi satuan lusin, gross, rim, maupun kodi. Berikut penjelasan selengkapnya:

Satuan Jumlah Lusin, Gross, Rim dan Kodi Lengkap
Tabel Konversi Satuan Jumlah

Contoh Soal Satuan Jumlah

  • 3 Lusin = . . . Buah

Jawab.

1 Lusin = 12 Buah, maka 3 Lusin = 3 x 12 buah = 36 buah

  • 3 Kodi = . . . Buah

Jawab.

1 kodi = 20 buah, maka 3 kodi = 3 x 20 buah = 60 buah

  • 3 Gross = . . . Lusin

Jawab.

1 gross = 12 lusin, maka 3 gross = 3 x 12 lusin = 36 lusin

  • 4 Rim = . . . Lembar

Jawab.

1 rim = 500 lembar, maka 4 rim = 4 x 500 lembar = 2000 lembar

  • 432 Buah = . . . Gross

Jawab.

432 buah = 432 : 144 gross = 3 gross

Baca juga : Rumus Barisan Aritmatika dan Deret Aritmatika Beserta Contoh

  • 4 Kodi + 3 Lusin = . . . Buah

Jawab.

4 kodi = 4 x 20 buah = 80 buah

3 lusin = 3 x 12 buah = 36 buah

4 kodi + 3 lusin = 80 buah + 36 buah = 116 buah

  • Mas Eko membeli beberapa barang kebutuhan sekolah untuk dijual kembali di koperasi sekolah. Jika ia akan membeli 2 lusin penghapus (@penghapus = Rp 1.ooo), 4 rim kertas folio (@kertas = Rp 150), 2 gross pensil (@pensil = Rp 1.500), 10 buah kotak pensil (@kotak pensil = Rp 4.ooo), dan 5 lusin buku tulis (@buku tulis = 2.500). Maka berapakah total belanjaan Mas Eko?

Jawab.

Hal pertama yang perlu dilakukan ialah mengkonversikan satuannya menjadi satuan buah semua. Kemudian dikalikan dengan masing masing harga barang. Yang terakhir ialah menjumlahkan semua harganya. Maka hasilnya akan menjadi seperi di bawah ini:

Satuan Jumlah Lusin, Gross, Rim dan Kodi Lengkap
Jawaban Contoh Soal Satuan Jumlah

Jadi total belanjaan Mas Eko adalah Rp 946.000,00.

Sekian penjelasan mengenai satuan jumlah lusin, gross, rim, dan kodi lengkap. Satuan kuantitatif ini memang terdiri dari satuan lusin, satuan gross, satuan rim maupun satuan kodi. Masing masing satuan dapat dikonversikan menjadi jenis satuan ukuran jumlah lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *