Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar Lengkap
Simetri Lipat Bangun Datar

Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar Lengkap

Diposting pada

Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar Lengkap – Dalam pelajaran Matematika terdapat dua jenis bangun yaitu bangun datar dan bangun ruang. Setiap bangun memiliki ciri dan sifatnya masing masing. Seperti halnya bangun datar. Bangun datar Matematika tersebut masih dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis seperti lingkaran, segitiga, trapesium, persegi, dan sebagainya. Masing masing jenis bangun datar tersebut memiliki jumlah simetri lipat dan simetri putar yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan bentuk dari masing masing bangun datar juga berbeda.

Lalu apa pengertian simetri lipat? Apa pengertian simetri putar? Berapakah jumlahnya? Untuk menentukan jumlah simetri, baik lipat maupun putar biasanya menggunakan logika atau pemikiran kita. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang simetri lipat dan simetri putar bangun datar lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar Lengkap

Seperti yang kita ketahui bahwa bangun datar Matematika memiliki sifatnya masing masing yaitu simetri, baik lipat ataupun putar. Bangun datar tersebut juga memiliki kriteria khusus seperti memiliki kedua jenis simetri, hanya memiliki salah satu jenis simetri, dan tidak memiliki kedua jenis simetri, baik simetri lipat dan simetri putar.

Baca juga: Rumus Barisan Aritmatika dan Deret Aritmatika Beserta Contoh

Simetri Lipat

Pengertian simetri lipat ialah banyaknya lipatan dalam bangun datar sampai membentuk dua bagian yang besarnya sama. Dalam simetri ini terdapat istilah mengenai sumbu simteri. Sumbu simetri ialah garis yang dapat membagi bangun datar menjadi dua bagian yang besarnya sama. Kemudian simetri ini dapat ditentukan jumlahnya dengan cara membuat sebuah percobaan menggunakan kertas yang bentuknya menyerupai salah satu bangun datar yang akan diuji coba. Setelah itu kertas dilipat menjadi dua bagian yang besarnya sama. Jika bangun tersebut dapat dilipat menjadi dua bagian dan bagian satu sama lain dapat menutupi, maka bangun tersebut dikatakan memiliki simetri lipat. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan gambar di bawah ini:

Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar Lengkap
Simetri Lipat Bangun Datar

Simetri Putar

Pengertian simetri putar ialah banyaknya putaran yang dapat diperoleh dari bangun datar sehingga membentuk pola bentuk yang sama, baik sebelum diputar maupun sesudah diputar. Bangun tersebut memiliki simetri putar jika mempunyai titi pusat dan dapat diputar dengan bayangan kembali seperti semula meskipun kurang dari satu putaran penuh. Untuk menentukan simetri putar bangun datar, maka dapat menggunakan cara seperti simetri lipat di atas. Tetapi kertas percobaan tersebut tidak dilipat melainkan diputar. Apabila bangun tersebut dari titik awal kemudian menempati tempatnya semulai setelah diputar, maka bangun ini mempunyai simetri putar. Perputaran bangun tersebut berjumlah satu putaran mengikuti arah jarum jam. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan gambar di bawah ini:

Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar Lengkap
Simetri Putar Bangun Datar

Dibawah ini terdapat jumlah simetri lipat dan simetri putar pada masing masing bangun datar.

Simetri Lipat dan Simetri Putar Bangun Datar Lengkap

Bangun datar yang tidak memiliki simetri putar ialah bangun yang tidak dapat diputar sekurang kurangnya satu putaran penuh. Namun bangun tersebut dikatakan memiliki simetri putar tingkat satu. Misalnya layang-layang, segitiga siku-siku sama kaki, segitiga samakaki, dan trapesium samakaki. Demikianlah penjelasan mengenai simetri lipat dan simetri putar bangun datar lengkap. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • simentri lipat
  • simetri putar
  • tabel sifat sifat bangunan datar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *