Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Contohnya

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Contohnya

Diposting pada

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Contohnya –  Teks laporan hasil observasi ialah jenis teks yang isinya klarifikasi penelitian ataupun hasil observasi yang sebelumnya telah dilakukan. Teks ini juga termasuk dalam jenis teks laporan umum ataupun Universal. Berdasarkan ciri cirinya, teks laporan hasil observasi berkaitan dengan jenis sesuatu yang diteliti. Teks tersebut berguna sebagai jembatan antara hubungan jenis kelas dengan sub kelasnya. Namun untuk pembuatan laporannya membutuhkan struktur teks laporan hasil observasi yang telah ditentukan.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Contohnya

Pengertian teks laporan hasil observasi ialah jenis teks yang isinya laporan atau rangkuman dari hasil penelitian dan pengamatan yang telah dikemas dalam bahasa baku maupun tidak baku sesuai tingkat laporannya sendiri. Sama halnya seperti jenis teks lainnya, teks laporan hasil observasi memiliki struktur, ciri, kaidah dan contoh teksnya sendiri. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai struktur teks laporan hasil observasi lengkap dengan contohnya. Berikut ulasan selengkapnya,

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Contohnya

Teks laporan ini memiliki sifat universal atau global. Hal ini dikarenakan dalam teks laporan hasil observasi lebih menekankan pada pengelompokan jenisnya sesuai ciri ciri umumnya. Jenis teks ini memiliki hubungan yang erat antara kelas dengan sub kelas yang terdapat didalamnya.

Baca juga: Pengertian Teks Eksposisi, Ciri, Jenis, Struktur dan Contohnya

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Struktur ialah hal hal yang membangun sebuah teks agar menjadi lebih baik. Struktur teks laporan hasil observasi dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu:

  1. Pernyataan umum/klasifikasi yaitu struktur teks laporan yang berisi pengantar atau pembuka hal hal yang akan dilaporkan. Dalam tahap ini dijelaskan bahwa benda benda yang terdapat didunia ini dapat dikelompokkan berdasarkan persamaan dan perbedaan kriterianya.
  2. Aspek/anggota yang akan dilaporkan yaitu rincian maupun pembahasan objek yang sedang diamati.

Selain itu terdapat struktur teks laporan hasil observasi lainnya yang perlu anda pahami, yakni:

  1. Definisi umum, yaitu bagian pembukaan yang isinya pengertian objek/sesuatu yang akan dibahas.
  2. Definisi bagian, yaitu struktur yang isinya penjelasan secara rinci dalam setiap paragraf (gagasan pokok).
  3. Definisi manfaat, yaitu struktur yang isinya penjelasan dari hal hal yang akan dilaporkan.
  4. Penutup, yaitu struktur yang isinya penjelasan akhir dari rincian teks.

Teks laporan hasil observasi juga memiliki ciri ciri teks yang digunakan sebagai pembeda dengan jenis teks lainnya. Anda juga harus memahami struktur teks laporan hasil observasi sekaligus ciri ciri teksnya. Berikut ciri ciri teks laporan hasil observasi :

  • Sifatnya universal/umum.
  • Mengutamakan pengelompokan jenis sesuatu hal berdasarkan ciri ciri umumnya.
  • Memiliki hubungan erat antara kelas dengan sub kelas yang terdapat didalamnya.

Struktur teks laporan hasil observasi juga menjelaskan tentang kaidah kebahasaan yang digunakan dalam jenis teks ini. Kaidah kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi digunakan untuk membuat teksnya menjadi lebih bagus. Berikut beberapa kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi, yakni:

  • Menggunakan kata hubung/konjungsi seperti “tetapi, “dan”.
  • Menggunakan kata verba atau kata kerja.
  • Memuat kalimat simpleks.
  • Mengandung kalimat kompleks.
  • Menggunakan kata nomina atau kata benda.
  • Terdapat persamaan kata atau sinonim.
  • Terdapat lawan kata atau antonim.
  • Menggunakan kelompok kata/frasa.
  • Menggunakan berbagai jenis istilah.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Selanjutnya saya akan membagikan contoh teks laporan hasil observasi lengkap dengan struktur teks laporan hasil observasinya.

“Sekolah”

Pernyataan Umum

Sekolah ialah rumah kedua bagi anak anak. Adapula yang menyebut sekolah sebagai lingkungan baru untuk anak. Di tempat ini pula, ratusan anak saling bertemu dengan berbagai latar belakang dan kalangan yang berbeda, baik berupa agama maupuan status sosialnya. Di sekolah inilah, para anak diberikan berbagai karakter dan ilmu seperti kebiasaan, kepribadian, maupun ilmu pendidikan. Hal hal yang diperoleh dalam sekolah dapat diterapkan pada keadaan rumah tangga maupun lingkungan.

Aspek Yang Dilaporkan

Pengajar di sekolah ialah tokoh atau figur yang dijadikan sebagai panutan anak untuk berpikir dan mengambil keputusan, mulai yang sifatnya baik ataupun buruk. Para siswa memandang gurunya sebagai sosok yang harus ditiru, disanjung dan didengar. Maka dari itu, guru memiliki pengaruh yang besar dalam pola pemikiran dan kepribadian anak. Para pengajar diharuskan untuk membekali dirinya dengan ilmu agama dan akhlak yang baik serta memiliki rasa kasih sayang bagi murid muridnya.

Berdasarkan pendapat McDonald bahwa sekolah merupakan lingkungan yang bersifat khusus dalam merubah tingkah laku seseorang. Dalam hal ini sifatnya menetap karena dalam masyarakat perkembangan pribadi yang baik sangat diperlukan. Seorang pendidik memang memiliki campur tangan dalam penentu pandangan hidup anak. Maka dari itu sejak dini, anak anak diperkenalkan kepada hal hal yang sifatnya baik sehingga perkembangan kepribadiannya juga lebih baik.

Incoming search terms:

  • jelaskan struktur teks laporan hasil observasi
  • teks laporan hasil observasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *