Teks Ulasan (Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah dan Contoh)
Tata Cara Mengulas Sesuatu

Teks Ulasan (Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah dan Contoh)

Diposting pada

Teks Ulasan (Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah dan Contoh) – Membaca adalah salah satu hobi yang banyak sekali diterapkan oleh banyak orang seperti membaca buku, novel, karya ilmiah dan sebagainya. Ketika membaca sebuah buku tentunya isi dari buku tersebut harus dicerna sedemikian rupa agar memahami makna didalamnya. Selain itu untuk memahami isi dari sebuah buku, biasanya diwujudkan dalam bentuk keperluan menulis atau presentasi seperti artikel ilmiah, skripsi, laporan penelitian ataupun tugas akhir. Untuk itulah diperlukan keterampilan dalam mengulas buku. Lantas apa pengertian teks ulasan? Apa saja tujuan teks ulasan, ciri teks ulasan, struktur teks ulasan, kaidah kebahasaan teks ulasan dan contoh teks ulasan tersebut?

Teks Ulasan (Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah dan Contoh)
Tata Cara Mengulas Sebuah Karya

Teks ulasan dapat dinamakan dengan teks review. Penulisan ulasan sebenarnya dapat berbentuk artikel. Maka dari itu jenis teks Bahasa Indonesia ini dinamakan dengan artikel ulasan. Selain itu penulisan ulasan juga dikaitkan dengan buku, maka dari sering disebut sebagai timbangan buku, ulasan buku dan resensi buku. Ulasan tersebut sebenarnya tidak hanya dibuat dalam bentuk buku saja, namun juga berbentuk karya lain seperti karya seni (film, musik, lukis, tari, pertunjukan dan kriya), artikel, serta karya sastra (puisi, cerpen, drama dan novel). Kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian teks ulasan, tujuan teks ulasan, ciri ciri teks ulasan, struktur teks ulasan, kaidah kebahasaan teks ulasan, jenis teks ulasan dan contoh teks ulasan. Berikut ulasan selengkapnya.

Teks Ulasan (Pengertian, Tujuan, Ciri, Struktur, Kaidah dan Contoh)

Pada dasarnya sebuah peristiwa juga dapat dijadikan menjadi teks ulasan seperti kegiatan sosial, olahraga dan sebagainya. Hal ini dikarenakan ulasan merupakan jenis teks Bahasa Indonesia yang digunakan untuk memberikan kritik, menimbang dan menilai sebuah peristiwa atau karya yang diulas. Di bawah ini terdapat penjelaasan lengkap mengenai pengertian teks ulasan, tujuan teks ulasan, ciri ciri teks ulasan, struktur teks ulasan, kaidah kebahasaan teks ulasan, jenis teks ulasan dan contoh teks ulasan. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Baca juga : 4 Contoh Teks Eksposisi (Pendidikan, Hukum, Ekonomi dan Lingkungan)

Pengertian Teks Ulasan

Pengertian teks ulasan ialah sebuah teks yang mengandung review atau ulasan atau penilaian mengenai sebuah karya seperti buku, film maupun drama. Teks ulasan tersebut dapat dinamakan dengan “Resensi”. Contoh teks ulasan biasanya berisi kata kata kritis dari seorang pengulas sehingga karya yang diulasnya menjadi lebih berkembang. Selain itu ulasan juga dapat dinamakan dengan “Review”. Pada umumnya ulasan dapat berbentuk artikel. Maka dari itu teks ini sering dinamakan dengan artikel ulasan.

Tujuan Teks Ulasan

Dalam pembuatan contoh teks ulasan tentunya terdapat tujuan didalamnya. Adapun beberapa tujuan teks ulasan yaitu meliputi:

  • Memperlihatkan penilaian atau pandangan penulis mengenai resensi sebuah karya.
  • Membagikan informasi mengenai kelayakan karya kepada umum atau publik.
  • Memberikan bantuan pembaca agar memahami isi sebuah karya.
  • Membagikan informasi mengenai ulasan karya kepada pembaca, baik kekurangan atau kelebihan dari karya tersebut.
  • Membandingkan satu karya dengan karya lain yang sejenis.
  • Membagikan informasi sebuah karya yang komprehensif.
  • Mengajak dan memberi tahu pembaca dalam mendiskusikan, merenungkan dan memikirkan masalah yang terdapat di sebuah karya.
  • Mempertimbangkan sebuah karya apakah layak atau tidak untuk dinikmati oleh pembaca.
  • Memberikan pembaca kemudahan dalam mengetahui sebuah karya dengan karya lain yang sejenis.
  • Mempertimbangkan sebuah karya apakah dapat dipilih, dibeli atau dinikmati pembaca sebelum memilihnya.

Ciri Ciri Teks Ulasan

Dalam pembuatan contoh teks ulasan tentunya terdapat ciri ciri didalamnya. Ciri ciri ini dapat dijadikan pembeda dengan jenis teks Bahasa Indonesia lainnya. Adapun beberapa ciri ciri teks ulasan yaitu meliputi:

  • Memiliki struktur teks berupa orientasi, evaluasi, rangkuman dan tafsiran.
  • Mengandung informasi sebuah produk atau karya yang sesuai dengan opini atau pandangan penulis.
  • Didalamnya terdapat opisi yang berasal dari interpretasi sebuah fakta.
  • Mempunyai nama lain berupa Resensi.

Baca juga : Pengertian Teks Cerita Fantasi Beserta Ciri Ciri, Struktur dan Contoh

Struktur Teks Ulasan

Dalam pembuatan contoh teks ulasan tentunya terdapat beberapa struktur didalamnya. Adapun struktur teks ulasan yaitu meliputi:

Orientasi

Orientasi ialah struktur teks ulasan pertama yang berisi penjelasan umum mengenai sebuah karya, baik berupa buku, film ataupun drama. Orientasi termasuk bagian yang memberikan gambaran kepada pembaca mengenai karya yang diulas.

Tafsiran

Tafsiran ialah struktur teks ulasan yang berisi penjelasan ulasan dari suatu karya secara rinci. Contohnya keunikan, bagian sebuah karya, kualitas, keunggulan dan lain lain.

Evaluasi

Evaluasi ialah struktur teks ulasan yang berisi pandangan mengenai hasil ulasan dari penulisnya. Bagian evaluasi berguna untuk melakukan pengulasan tafsiran mengenai hasil karya tersebut secara lengkap. Bagian ini mengandung beberapa keleihan atau bagian bernilai dari suatu karya maupun kekurangan atau bagian yang kurang dari suatu karya.

Rangkuman

Rangkuman ialah struktur teks ulasan yang berupa kesimpulan sebuah karya yang diulas. Bagian teks ulasan tersebut juga berisi komentar penulis mengenai kualitas dari karya itu apakah dapat dibaca ataupun ditonton.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Dalam pembuatan contoh teks ulasan tentunya terdapat kaidah kebahasaan didalamnya. Adapun beberapa kaidah kebahasaan teks ulasan yaitu meliputi:

  • Menonjolkan unsur unsur dalam ulasan karya seni, baik dalam film ataupun drama.
  • Mengandung kata kata persuasif atau opini.
  • Mengandung konjungsi eksternal atau konjungsi internal.
  • Mengandung pernyataan perbandingan, baik perbedaan ataupun persamaan.
  • Mengandung kata kerja relasional dan kata kerja material.

Jenis Jenis Teks Ulasan

Untuk membuat sebuah contoh teks ulasan biasanya harus memperhatikan beberapa jenis ulasan tersebut. Adapun jenis jenis teks ulasan yaitu meliputi:

Teks Ulasan Informatif

Jenis teks ulasan ini mengandung gambaran sebuah karya secara umum, singkat dan padat. Resensi informatif mengandung isi sebuah karya yang disampaikan secara menyeluruh, tetapi hanya bagian penting saja yang dipaparkan serta kelebihan dan kekurangan dari karya tersebut lebih ditekankan.

Teks Ulasan Deskriptif

Jenis teks ulasan ini mengandung penjelasan sebuah karya disetiap bagiannya secara rinci. Biasanya teks ulasan ini digunakan untuk memperoleh gambaran jelas mengenai karya fiksi, baik kekuatan argumentatif, manfaat dan informasi penting yang disampaikan oleh penulis.

Baca juga : 12 Contoh Cerita Fabel Singkat Terbaru Beserta Strukturnya

Teks Ulasan Kritis

Jenis teks ulasan ini mengandung pendekatan ilmu pengetahuan atau metode acuan tertentu secara rinci dalam sebuah karya. Penulisan teks ulasan kritis tidak berdasar pada pandangan penulis secara subyektif, melainkan secara kritis dan objektif. Misalnya teks ulasan sebuah novel yang mengandung pendekatan sosiologi.

Contoh Teks Ulasan

Film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck”

Orientasi

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (TKVDW) merupakan film yang dibuat dari adaptasi roman hasil karya dari Buya Hamka. Film ini diperankan oleh beberapa artis berbakat seperti Pevita Pearce, Reza Rahardian dan Herjunot Ali. Rencananya film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck akan ditayangkan di bioskop bioskop kesayangan anda pada tanggal 19 Desember 2013. Sutradara film TKVDW ialah Sunil Soraya yang menjadikan film ini sukses dan laris pada tahun 2013 tersebut.

Tafsiran

Alkisah terdapat seorang laki laki yang lahir dari tanah Makassar bernama Zainudin yang diperankan oleh Herjunot Ali ingin menuju tanah kelahiran ayahnya di Batipuh, Padang Panjang. Di Minangkabau, ia bertemu dengan bunga persukuan bernama Hayati yang diperankan oleh Pevita Pearce. Akhirnya Zainudin jatuh hati kepada Hayati dan memberikan wanita tersebut sebuat kata kata. Kata kata yang dirangkai oleh Zainudin membuat Hayati menjadi terbawa perasaan.

Dalam film ini kemudian diperlihatkan alur romantismenya hingga memunculkan beberapa konflik yang diperlihatkan kepada penontonnya. Zainudin yang berhubungan dengan Hayati tidak memperoleh restu dari para tetua dan ninik mamak. Hal ini dikarenakan Zainudin tidak mempunyai darah Minang dan masih belum mapan.

Akhirnya Zainudin bertekad untuk menjadi orang yang mapan dengan meninggalkan Batipuh. Namun sebelum itu Hayati dan Zainudin memberikan ikrar bahwa keduanya akan hidup bersama suatu hari nanti. Zainudin kembali memperoleh kenyataan yang pahit saat ia berjumpa dengan Hayati dalam sebuah pertunjukan opera. Hayati dikala itu sedang bersama Aziz yang diperankan oleh Reza Rahardian sebagai suaminya. Keduanya memiliki kisah cinta yang cukup berat dikala itu.

Evaluasi

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck merupakan film yang menunjukkan properti dan aristik ala tahun 1930an dengan durasi penayangan selama 2,5 jam. Namun peristiwa tersebut kurang membuat penonton yakin bahwa peristiwa tersebut terjadi tahun 1930an. Hal ini terlihat dari beberapa bagian yang kurang menarik serta kesan alurnya yang lambat. Contohnya adegan surat menyurat yang dilakukan oleh Zainudin dan Hayati. Akhirya membuat konflik menjadi kurang menarik, datar dan sebagian saja bagian yang naik. Bahkan film ini dirasa kurang pas dalam menggunakan lagu backsoung dari Nidji. Hal ini dikarenakan lagu tersebut memiliki kesan yang modern, sedangkan latar belakang film ini era tahun 1930an.

Kemudian adegan tenggelamnya kapal van der wijck memiliki spesial efek yang sedikit dipaksakan dan biasa saja. Kapal Van Der Wijck ketika tenggelam terlihat tidak begitu jelas, berbeda ketika tenggelamnya kapal Titanic ketika menabrak karang.

Rangkuman

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck tergolong tontonan film yang cukup menarik, diluar kekurangan kekurangan tadi. Kata kata dam kostum dari Samuel Wattamena yang digunakan termasuk pas dengan penampakan film ala 1930an. Bahkan di tahun 2013 lalu, film ini tergolong film terbaik dimasanya. Kalimat yang digunakan tergolong puitis hingga dapat dijadikan referensi film keluarga untuk ditonton dan menarik.

Sekian penjelasan mengenai pengertian teks ulasan, tujuan teks ulasan, ciri ciri teks ulasan, struktur teks ulasan, kaidah kebahasaan teks ulasan, jenis teks ulasan dan contoh teks ulasan. Teks ulasan ialah sebuah teks yang mengandung review atau ulasan atau penilaian mengenai sebuah karya seperti buku, film maupun drama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *