Tugas Pengawas Koperasi Beserta Wewenangnya Terlengkap

Diposting pada

Tugas Pengawas Koperasi Beserta Wewenangnya Terlengkap – Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang tugas pengawas koperasi beserta wewenangnya terlengkap. Tugas dan wewenang pengawas koperasi tersebut berbeda dengan perangkat koperasi lainya. Apakah anda tahu mengenai pengertian koperasi itu? Kata koperasi dapat dibagi menjadi dua suku kata secara bahasa yaitu “Co” yang artinya bersama dan “Operation” yang artinya bekerja. Untuk itu kata koperasi dapat disebut co-operation. Definisi koperasi sendiri ialah badan usaha yang dibentuk menggunakan asas demokrasi ekonomi dan kekeluargaan atau badan usaha yang mempunyai sekelompok orang sebagai anggotanya.

Tugas Pengawas Koperasi Beserta Wewenangnya Terlengkap
Struktur Organisasi Koperasi

Koperasi juga dapat diartikan sebagai produk ekonomi yang melakukan kegiatan dengan berdasarkan prinsip got dan gerakan yang dilakukan bersifat ekonomi kerakyatan. Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa tugas dan wewenang pengawas koperasi berbeda dengan perangkat koperasi lainnya. Hal ini dikarenakan koperasi tersusun oleh beberapa perangkat atau struktur bagian didalamnya. Salah satunya ialah pengawas koperasi tersebut. Apakah anda sudah tahu tugas pengawas koperasi itu? Agar anda lebih memahami mengenai tugas dan wewenag dari pengawas koperasi tersebut, maka dapat anda simak di bawah ini.

Tugas Pengawas Koperasi Beserta Wewenangnya Terlengkap

Pengertian pengawas koperasi ialah struktur bagian atau perangkat koperasi yang terletak di samping pengurus dan rapat anggota koperasi di Indonesia. Definisi ini tercantum dalam UU Nomor 25 Tahun 1912 Pasal 21 mengenai Perkoperasian Indonesia. Dalam UU Nomor 25 Tahun 1912 Pasal 38 – 39 mengenai Perkoperasian Indonesia terdapat penjelasan mengenai tugas dan wewenang pengawas koperasi. Untuk itulah didalam pasal tersebut sudah dijelaskan secara jelas mengenai tugas pengawas koperasi beserta wewenangnya.

Baca juga : Pengertian Ideologi Beserta Fungsi dan Jenis Jenisnya

Dalam pasal 38 ayat 1 terdapat penjelasan bahwa pengawas koperasi dipilih melalui rapat anggota dari dan oleh anggotanya. Sedangkan dalam pasal 38 ayat 2 terdapat penjelasan bahwa tanggung jawab pengawas koperasi terletak pada rapat anggotanya. Maka dari itu tanggung jawab pengawas koperasi tidak berada pada pengurus koperasi lainnya. Kemudian dalam pasal 39 terdapat penjelasan mengenai tugas dan wewenang pengawas koperasi. Tugas pengawas koperasi secara umum ialah membuat laporan tahunan serta mengawasi manajemen dari koperasi itu sendiri. Di bawah ini terdapat penjelasan tentang tugas dan wewenang dari pengawas koperasi yaitu sebagai berikut:

Tugas Pengawas Koperasi

  • Mengawasi proses pengelolaan dan pelaksanaan kebijaksanaan dalam koperasi.
  • Melaporkan hasil pegawasan dengan membuat laporan tertulis.
  • Syarat pengangkatan dan pemilihan anggota pengawas didasarkan pada anggaran dasar.

Wewenang Pengawas Koperasi

  • Melakukan penelitian catatan yang terdapat dalam koperasi.
  • Memperoleh seluruh keterangan yang dibutuhkan.
  • Hasil pengawasan yang dilakukan oleh pengawas harus dirahasiakan dari pihak ketiga.

Baca juga : Contoh Pelanggaran Pancasila (Sila 1 Sampai 5)

Hal hal diatas merupakan tugas dan wewenang pengawas koperasi. Karena koperasi terdiri dari beberapa bagian, maka tugas pengawas koperasi berbeda dengan perangkat koperasi lainnya. Untuk itu setiap perangkat koperasi tidak dapat disamakan satu sama lain dalam hal tugas dan wewenang yang harus dikerjakannya.

Inilah beberapa tugas pengawas koperasi beserta wewenangnya terlengkap yang dapat saya jelaskan. Koperasi sendiri dapat diartikan sebagai badan usaha yang dibentuk menggunakan asas demokrasi ekonomi dan kekeluargaan atau badan usaha yang mempunyai sekelompok orang sebagai anggotanya. Semoga artikel dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca materi tugas dan wewenang pengawas koperasi di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *